Statistik kunjungan halaman Wikipedia

Sebagai salah satu situs rujukan terbesar dan terpopuler di Internet, Wikipedia sering menjadi sumber pertama untuk mencari informasi mengenai topik tertentu, apalagi jika topik tersebut sedang populer. Kejadian terakhir yang membuktikan hal ini adalah melonjaknya pengunjung artikel Michael Jackson sewaktu raja pop ini meninggal dunia pada akhir Juni 2009.

Bagi media massa, statistik merupakan fakta yang cukup menarik untuk menjadi bahan tulisan. Termasuk statistik kunjungan halaman Wikipedia. Sewaktu meninggalnya Mbah Surip awal Agustus kemarin, misalnya, beberapa media massa sempat menanyakan apakah ada lonjakan kunjungan ke artikelnya di Wikipedia. Ternyata benar, pada tanggal 4 Agustus 2009, tampilan halaman Mbah Surip melonjak mencapai angka 3300!

Situs stats.grok.se sebenarnya telah memfasilitasi kebutuhan untuk melihat statistik jumlah kunjungan per halaman Wikipedia pada suatu bulan tertentu. Untuk mempermudah akses, di Wikipedia bahasa Indonesia telah dibuatkan suatu gadget untuk melihat statistik bulan berjalan suatu halaman. Jika diaktifkan melalui halaman preferensi, gadget ini akan menambahkan suatu pranala baru, “statistik halaman,” di menu kotak peralatan untuk melihat statistik kunjungan halaman itu.

Sayangnya, sampai sekarang saya belum menemukan padanan yang enak dalam bahasa Indonesia untuk gadget. Pusat Bahasa sih memadankannya dengan acang.

Sambil lalu, statistik resmi untuk proyek-proyek Wikimedia dapat diakses di stats.wikimedia.org.

Iklan

Perihal Ivan Lanin
Wikipediawan, pencinta bahasa Indonesia, dan pendukung Creative Commons.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: