Menulis Wikipedia sebagai tugas sekolah

Beberapa hari ini, Wikipedia bahasa Indonesia “diserang” oleh artikel-artikel baru yang memiliki ciri-ciri khas (1) ditulis oleh pengguna baru yang menggunakan nama lengkap sebagai nama pengguna, (2) bertopik serupa yaitu teknologi informasi, dan (3) memiliki panjang artikel yang sudah pantas tidak digolongkan lagi sebagai tulisan rintisan.

Saya tidak ingat lagi persisnya kapan, tapi sebenarnya peristiwa serupa sudah pernah terjadi dulu. Meskipun belum ada bukti otentik, para Wikipediawan pun menyimpulkan bahwa “serangan” ini adalah karena adanya penugasan dari sekolah untuk menulis Wikipedia.

Nilai tambah

Sebenarnya, penugasan macam ini memiliki nilai tambah dibandingkan dengan penugasan konvensional dengan hasil dokumen konvensional. Kelebihannya antara lain:

  1. mendorong siswa untuk membuat karya yang relevan dengan pelajarannya di luar ruang kelas dan langsung dapat diakses orang banyak,
  2. menghadapkan siswa langsung pada dunia nyata yang dengan kritis menilai karyanya dan  tidak hanya bergantung pada penilaian sang pengajar,
  3. mengubah pandangan siswa tentang proses menulis dengan menekankan pada pentingnya pengembangan berkelanjutan,
  4. mengajarkan siswa untuk menggunakan dan mengevaluasi rujukan dalam melakukan riset dan penulisan, serta
  5. mengabadikan karya siswa dan memperluas jangkauan manfaat karya tersebut dengan meletakkannya di salah satu situs rujukan terpopuler di Internet.

Kerepotan

Sayangnya, mungkin karena belum terlalu paham dengan gaya penulisan Wikipedia, artikel-artikel baru ini agak merepotkan bagi para kontributor lain. Kerepotan-kerepotan yang ditimbulkan di antaranya:

  1. Duplikasi. Artikel yang dibuat sebenarnya telah ada di Wikipedia dengan judul lain. Atau pada kasus yang lebih sulit, suatu artikel spesifik kadang tidak layak dibuat menjadi artikel baru melainkan sebaiknya digabung dengan artikel yang sudah ada.
  2. Kapitalisasi. Konsensus penulisan judul di Wikipedia adalah bahwa huruf kapital hanya diberikan untuk huruf pertama judul dan bukan untuk huruf pertama setiap kata dalam judul, kecuali untuk nama diri.
  3. Kelayakan. Subjek bahasan artikel kadang tidak layak menjadi artikel Wikipedia sesuai dengan pedoman kelayakan artikel Wikipedia.
  4. Identitas penulis. Wikipedia tidak mengizinkan pencantuman identitas penulis dalam badan artikel. Ini sesuai dengan prinsip bahwa kepemilikan artikel tidak dimiliki oleh seseorang, melainkan oleh seluruh kontributor.

Prinsip dasar

Beberapa prinsip dasar Wikipedia yang harus dipahami sebelum memberi tugas atau melaksanakan tugas menulis Wikipedia adalah:

  1. Pembahasan populer, bukan akademik. Artikel Wikipedia tidak dapat disetarakan dengan makalah akademik. Artikel Wikipedia adalah pratinjau dan menganggap bahwa pembaca hanya memiliki sedikit pengetahuan tentang subjek yang sedang dibahas.
  2. Bukan riset asli dan dari sumber terpercaya. Artikel Wikipedia tidak boleh menyertakan sintesis fakta baru dan dibatasi hanya pada informasi yang telah diterbitkan di sumber-sumber terpercaya: koran, majalah, jurnal, dll.
  3. Jaringan artikel. Nilai suatu artikel ditentukan oleh kaitannya dengan artikel-artikel lain di dalam Wikipedia. Artikel yang berdiri sendiri atau artikel yang ditulis hanya berdasarkan satu atau dua sumber tidak dianjurkan.
  4. Sudut pandang netral. Artikel harus menyajikan informasi dengan sudut pandang netral yang di antaranya mencakup perimbangan pembahasan terhadap berbagai pandangan untuk subjek tertentu.

Penutup

Kerja sama antara Wikipedia dan kalangan akademisi melalui penugasan untuk menulis Wikipedia sebenarnya adalah suatu simbiosis mutualisme: Wikipedia mendapat sumbangan tulisan yang cukup berkualitas dan akademisi mendapat sarana praktik penelitian dan penulisan. Berangkat dari pemikiran ini, untuk melancarkan simbiosis ini, maka dirintislah Wikipedia:Proyek sekolah dan universitas.

Halaman ini berusaha memberikan pedoman bagaimana melakukan penugasan atau tugas menulis Wikipedia bagi sekolah dan universitas. Dengan pedoman ini diharapkan pelaksanaan proyek menulis Wikipedia oleh sekolah dapat mencapai tujuan yang diharapkan pengajar dan di sisi lain Wikipedia pun bisa mendapatkan sumbangan artikel yang berharga dan berkualitas.

Apakah Anda adalah guru atau dosen? Ayo, bantu Wikipedia!

Iklan

Perihal Ivan Lanin
Wikipediawan pencinta bahasa Indonesia

12 Responses to Menulis Wikipedia sebagai tugas sekolah

  1. Ping-balik: Ivan Lanin: Menulis Wikipedia sebagai tugas sekolah | Update Blog Terbaru

  2. Ping-balik: Thomas Arie Setiawan: 10 Reasons Why I Love Posterous | Update Blog Terbaru

  3. adhit says:

    Ide yang bagus 🙂

    mudah2an dengan ide ini bisa meningkatkan penggunaan wikipedia sejak dini !

  4. nandskie16 says:

    bro, emg bener apa yg lo tulis itu?
    gw emang blm pernah ngepost apa-apa di wiki, tapi gw salah satu orang yang depend sama si wiki.. eh tapi setelah gw baca (well gw ngga tau mana yg baru dipost dan mana yang udah jadul) kok postingnya bener-bener aja ya?..

    mohon pencerahannya.. soalnya gw ngerjain tugas akhir masih depend sama si wiki nih.. thanks

  5. adhit says:

    Sebenernya wikipedia itu boleh nda sih dijadiin referensi untuk tugas-tugas kampus?

    Kok dulu saya pernah ngerjain tugas kampus katanya ga boleh sourcenya kalo dari wikipedia ?

  6. Ivan Lanin says:

    Karena merupakan karya bersama yang ditulis oleh banyak kontributor, memang agak sulit untuk memastikan bahwa setiap kontributor tersebut memiliki akuntabilitas untuk menulis suatu artikel pada topik tertentu.

    Kalangan akademisi sangat mengandalkan akuntabilitas penulis suatu teori atau pernyataan. Jadi, memang banyak guru atau dosen yang “mengharamkan” penggunaan Wikipedia sebagai sumber rujukan. Di bagian bawah di hampir semua artikel, ada bagian “rujukan” atau “pranala luar” yang menunjukkan referensi lain yang mungkin dapat dibaca atau dikunjungi untuk informasi lebih lanjut.

    Dalam penulisan ilmian, gunakan Wikipedia hanya sebagai pemberi gambaran umum mengenai suatu topik. Bukan sebagai sumber rujukan utama.

  7. Ping-balik: Internet sebagai media pendidikan di sekolah Regina Pacis Bogor » Blog Archive » Menulis Wikipedia sebagai tugas sekolah

  8. Dokter Pulsa says:

    Ide yang menarik supaya para pelajar bisa bebas berkreasi dan mendapat tanggapan langsung tentang hasil karyanya dari masyarakat luas. Tapi seharusnya juga diperkenalkan dulu pada pelajar tersebut tentang ketentuan dan layanan dari wikipedia. Dan diharuskan untuk menggunakan karakter yang tepat pada penulisan supaya enak dibaca dsb.. Karena jika kita perhatikan cara penempatan karakter ala pelajar sangat berbeda dengan yang seharusnya, seperti contoh huruf A yang di ganti dengan angka 4 dan sebagainya. Karena jika ini terjadi otomatis akan tidak nyaman untuk dibaca dan kurang pas untuk di publikasikan pada situs informasi sekelas wikipedia.

  9. Ryan says:

    Terima Kasih Infonya. Salam persahabatan.. (By: ryankharisma88.wordpress.com)

  10. Totok says:

    Saya mulai tertarik dengan tulisan Anda di i-Detik karena kebetulan saya berminat di bidang yang sama: bahasa dan komputer. Kebetulan pula saya sudah beberapa kali meminta mahasiswa saya memuatnaikkan tulisan-tulisan mereka ke dalam wikipedia bahasa Indonesia. Ide ini sebenarnya memang bukan hal baru, dan saya pun mencontoh apa yang dilakukan seorang staf pengajar Columbia State University untuk tugas-tugas siswanya. Mudah2an semangat menyumbang tulisan ke wikipedia bahasa Indonesia terus berkembang karena saya lihat masih banyak topik yang belum diangkat.

  11. imadewira says:

    wah, banyak artikel tentang wikipedia nih.. salam kenal

  12. Ping-balik: Menulis Di Wikipedia | Nyak Neea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: