Bagaimana mulai menulis Wikipedia?

Gaya tulisan di Wikipedia yang formal sering membuat orang takut untuk memulai menuliskan sesuatu yang diketahuinya untuk Wikipedia. Bahkan beberapa orang yang sudah cukup berpengalaman menulis seperti narablog, wartawan, penulis buku, dll, mengaku walaupun keinginan menulis ada, mereka belum pernah melakukannya karena berbagai alasan: perlu riset, takut gaya tulisannya tidak sesuai, tidak mengerti format wiki, dll.

Tulisan ini adalah pedoman ringkas untuk membuat Anda dapat mulai membuat artikel pertama Anda di Wikipedia. Asumsi saya adalah bahwa Anda sudah terbiasa menulis untuk media lain (blog, media cetak, buku, dll) dan hanya perlu menyesuaikan dengan gaya tulisan Wikipedia.

Wikipedia adalah suatu ensklopedia. Jadi coba bayangkan bagaimana entri suatu ensiklopedia sewaktu Anda menulis Wikipedia:

  1. Gunakan bahasa Indonesia ragam formal, bukan gaya bahasa percakapan. Anda tidak pernah menemukan kata “nggak” atau “nyari” di suatu ensiklopedia kan?
  2. Perhatikan sudut pandang netral, hindari penggunaan kata-kata subjektif seperti “terkenal”, “paling bagus”, dll.
  3. Berikan sumber tulisan Anda dan jangan pernah memuat tulisan yang berupa opini atau hasil penelitian Anda sendiri yang belum pernah dipublikasikan di tempat lain. Ensiklopedia adalah sumber tersier yang mendasarkan tulisannya pada sumber primer dan sekunder.

Mari kita mulai dengan beberapa contoh. Untuk membuat halaman baru di Wikipedia, baca tulisan saya terdahulu.

Artikel tentang tokoh

Pertama, pertimbangkan apakah tokoh yang akan Anda tulis layak masuk sebagai entri ensiklopedia. Apakah dia cukup dikenal dalam lingkup Indonesia? Kepala suatu lembaga pemerintah di tingkat nasional mungkin layak, tapi tokoh masyarakat di lingkungan desa Anda mungkin belum layak. Cara paling mudah untuk memastikan kelayakan adalah bahwa ia pernah beberapa kali dibahas di publikasi lain seperti koran, majalah, dll.

Mari kita coba tuliskan artikel sederhana tentang Tukul:

Tukul Arwana adalah pelawak dan pembawa acara Indonesia. Ia terutama dikenal dengan acara Empat Mata yang dibawakannya di Trans7.

Sekarang, Roy Suryo:

Roy Suryo adalah pengurus Partai Demokrat dan sering menjadi narasumber media massa Indonesia dalam bidang teknologi informasi, fotografi, dan multimedia. Ia pernah menjadi pembawa acara e-Lifestyle di MetroTV.

Perhatikan bahwa salah satu ciri khas artikel Wikipedia adalah deskriptif dan biasanya ditandai dengan kata “adalah”. Masing-masing dua kalimat dalam contoh di atas sudah cukup untuk mengawali artikel Anda. Fakta-fakta yang dipaparkan bersifat netral dan bukan hal-hal yang memerlukan riset terlalu dalam.

Artikel tentang organisasi

Sama seperti artikel tentang tokoh, pertimbangkan dulu apakah organisasi tersebut layak masuk ensiklopedia atau tidak. Partai politik memang layak masuk, tapi grup musik yang baru didirikan dan tampil di pentas musik kecil tidak layak. Pernah dibahas di media massa juga bisa menjadi ukuran kelayakannya.

Contoh tentang BMKG:

BMKG, singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, adalah Lembaga Pemerintah Non Departemen Indonesia yang mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika. Badan ini sebelumnya bernama Badan Meteorologi dan Geofisika atau disingkat BMG.

Contoh tentang SMA Negeri 1 Blora:

SMA Negeri 1 Blora adalah salah satu sekolah menengah tingkat atas (SMA) di Kabupaten Blora, Indonesia. SMA ini berdiri pada tahun 1959 dan memiliki sekitar 960 siswa pada tahun 2009.

Artikel tentang tempat atau lokasi

Kelayakan tetap harus menjadi perhatian. Tulisan tentang suatu danau, meskipun kecil, di Jawa Tengah layak menjadi artikel ensiklopedia, tapi warung kopi kecil di kampung Anda mungkin belum layak.

Contoh tentang Danau Limboto:

Danau Limboto adalah suatu danau di kecamatan Limboto, Gorontalo, Indonesia. Danau ini merupakan objek wisata bagi penduduk setempat dan sekitarnya dan dapat digunakan untuk aktivitas berenang, memancing, dan lomba berperahu.

Contoh tentang Kampung Sampireun:

Kampung Sampireun adalah suatu hotel dan resor bernuansa perkampungan Sunda di Garut, Jawa Barat. Keunikan yang ada pada objek wisata ini adalah adanya penginapan-penginapan terapung di atas Situ Sampireun.

Kesimpulan

Mulai menulis di Wikipedia sama sekali tidak sulit. Tidak perlu riset terlalu dalam dan pengetahuan tentang markah wiki yang (dianggap) rumit. Cukup dua atau tiga kalimat dan waktu lima menit untuk membuat suatu artikel rintisan yang baik. Toh ini wiki, semua orang bisa menambahkan apa yang Anda tuliskan nantinya.

Jadi, tunggu apa lagi? Sumbangkan dua kalimat Anda ke Wikipedia, sekarang! Sepuluh atau dua puluh tahun lagi anak Anda akan dengan bangga melihat nama Anda ada di daftar kontributor repositori pengetahuan bebas terbesar di dunia ini dan berkata ke temannya sewaktu menggunakan Wikipedia sebagai rujukan tugas sekolahnya, “Ayahku membantu menulis artikel ini lho.”

Iklan

Perihal Ivan Lanin
Wikipediawan pencinta bahasa Indonesia

30 Responses to Bagaimana mulai menulis Wikipedia?

  1. N/A says:

    Tulisan yang mudah dicerna. Sekarang bagaimana newcomer bisa sampai sampai ke sini?

  2. Tres says:

    Mas Ivan, saya izin share ke Fb yah, siapa tahu ada yang berminat :). Trims sebelumnya.

  3. Firman Ramdhani says:

    wew asik juga nih.. mungkin hal2 sepele sekitar kita bisa kita masukin, seperti nama wilayah, nama tempat wisata, namapak RT,, 😛

    salam kenal

  4. Aulia says:

    indah dan elegan untuk bisa berbagi bersama di wiki 🙂

  5. David says:

    Saya tak pernah menulis utk wiki. Tapi membaca artikel ini, saya berfikir utk mencoba menulis disana


    Sent on a phone using T9space.com

  6. neng®atna says:

    baiklah… menghela napas dan …coba ah 😀

  7. ade says:

    Pernah coba bikin satu tulisan rintisan tapi kurang rujukan (?) akhirnya dihapus. Padahal udah coba bikin tautan ke situs-situs sumber rujukan. Ada saran Mas?

  8. Retty says:

    Wah, agak terlambat saya baca tulisan ini…
    Terus terang beberapa kali mau mencoba tapi bingung…jadinya cuma main pasir terus hehehe…

  9. Radya says:

    Mas Ivan, saya cukup tertarik untuk mencoba. Saat ini, saya melihat masih banyak artikel di wikipedia Indonesia yang merupakan terjemahan dari versi Inggrisnya, dan seringkali tidak lengkap.

    Apabila saya berminat melengkapi, bagaimana caranya?

    • Ivan Lanin says:

      Di bagian atas setiap halaman, atau di bagian samping judul subbagian, ada tautan “sunting”. Kalau menemukan ketidaklengkapan informasi, klik saja tautan itu dan tambahkan informasinya.

  10. za says:

    Bagi saya, tips termudah mulai menulis wikipedia adalah menulis apa yang diketahui. *dulu pernah nulis di blog buat tugas dari Gombang*

  11. Taufik says:

    Mas Ivan, bisa gak ya kita bikin artikel di wikipedia tentang Biografhy kita sendiri…? Emangnya harus Artis dan tokok2 sjarah sj yg bisa msuk d wikipedia?’?

  12. Ayohan says:

    Saya baru memulai belajar untuk menulis tentang ilmu pengetahuan di Wikipedia. Saya sudah menulis sekitar 15 tulisan. Satu hal yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana etika menulis wikipedia terjemahan dari sumber wikipedia berbahasa Inggris? Apakah diperkenanakan atau bagaimana? Terima kasih.

  13. winnymarch says:

    kalau yang buat tulisan pribadi bisa gk?

  14. Tutorial SEO says:

    Ijin belajar dulu om takut kriteria gak sesuai kriteria wiki

  15. Oom Ivan, artikel yang sangat bermanfaat nih. Bisa bantu buatkan artikel tentang forumku.com : a positive Indonesia(n) Community di wikipedia nggak ? … nanti kita pasang banner situs oom ivan selama 2 bulan di bagian footer … he he he

  16. untoro82 says:

    aku sebenarnya masih bingung sich, gmn cara memulainya. thanks

  17. kukuhmalindo says:

    artikel saya udah ditendang wikipedia 5x. entah wikipedia mintanya seperti apa, untuk itu aku butuh jasa penulis wikipedia. yang berminat inbox aja kukuhmalindo@gmail.com
    makasih gan

  18. Dunmay says:

    Tadi pengen nulis tentang desaku di wikipedia.. tp setelah baca-baca dan cari informasi harus mencatumkan sumber terpercaya. Jadi bingung, kira-kira sumber terpercaya dari desa ku apa ya?

  19. Rico says:

    Dulu pernah coba nulis, cuman 1 hari kemudian langsung ilang tulisan ane. Sejak hari itu, ane rada trauma. Tapi skrg ane mau coba seperti yang udah dicontohin di atas.

  20. Farhan Curious says:

    Salam, bagiamanakah caranya menambahkan gambar, tabel, maupun media lainnya dalam membuat artikel di Wikipedia. saya harap Anda bisa merespon secepat mungkin. Terimakasih.

  21. Saya kebetulan pernah pak mencoba untuk menulis mengenai sekolah saya di wiki, namun gak beberapa lama saya dapat peringatan untuk menghapus tulisan saya tersebut. saya jadi bingung kira-kira tulisan seperti apa yang akan di terima oleh wikipedia ya pak.

    terimakasih mohon infonya

  22. Klo saya mau membuat ensiklopedia wisata gimana sarannya? Tapi y nggak mengikuti format wikipedia. Lebih bebas dan non formal.

  23. Sangat bermanfaat bagi kita semua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: