Scribd

Scribd

Mungkin agak basbang, walaupun sudah beberapa lama menggunakan layanan Scribd melalui posterous, saya baru tahu bahwa Scribd ternyata bisa juga menerima berkas berformat M$ Office 2007 (.docx, .xlsx, dan .pptx). Fitur ini, ditambah kemudahan mengirim berkas ke Scribd melalui email dengan iPaper, saya anggap merupakan keunggulan utama layanan ini dibandingkan layanan sejenis seperti misalnya Docstoc dan edocr.

Scribd adalah perusahaan rintisan atau startup yang didirikan oleh trio Trip Adler, Jared Friedman, dan Tikhon Bernstam pada tahun 2006 (diluncurkan resmi pada awal 2007) sebagai layanan berbagi dokumen daring. Berkas gambar, PDF, teks, M$ Office, dan Open Office yang dimuat ke situs ini akan ditampilkan dalam bentuk penayang dokumen berbasis Flash.

Salah satu cara pemanfaatan Scribd yang biasa saya lakukan adalah untuk membaca dokumen lampiran email yang saya terima di Gmail. Biasanya saya menggunakan Google Docs untuk melakukan ini. Belakangan saya beralih ke Scribd karena hanya tinggal meneruskan email yang diterima dan bisa juga menerima format berkas baru M$ Office yang tidak didukung oleh Google Docs.

Fitur lain yang sebenarnya bisa menjadi nilai tambah layanan Scribd, yang sudah diterapkan oleh doXtop, adalah penerimaan berkas dalam format Visio dan penerimaan berkas yang berada di suatu URL tertentu. Selain itu, jika memang ingin menjadi layanan jejaring sosial, fitur-fitur yang mendukung konsep tersebut pun – seperti pencarian teman melalui buku alamat, pengiriman email berupa perubahan terbaru yang terjadi, dll – harus ditambahkan oleh Scribd.

Meskipun demikian, layanan ini layak digunakan karena terutama sangat mempermudah untuk membaca dokumen-dokumen lampiran email dan juga bisa digunakan untuk berbagi dokumen dengan orang-orang yang Anda inginkan, daripada mesti mengirimkannya melalui email. Kalau berminat, saya juga telah membagi beberapa berkas yang mungkin berguna di Scribd.

3 tanggapan untuk “Scribd

  1. saya sangat berterima kasih kapada sribd, karena telah banyak membantu saya, khususnya literatur-literatur yang berkaitan dengan kebutuhan bahan bacaan dengan mudah didownload

Tinggalkan komentar