Lokakarya Menulis di Wikipedia bahasa Indonesia

Hari Jumat, 8 Agustus 2008 yang lalu, komunitas Wikipedia bahasa Indonesia mengadakan lokakaryaMenulis di Wikipedia bahasa Indonesia” di ajang Indonesian Information and Communication Technology Award 2008 atau disingkat INAICTA 2008, yang diadakan oleh Departemen Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia di Ruang Nuri, Jakarta Convention Center. Karena merupakan kali kedua penyelenggaraan lokakarya semacam ini di ajang yang sama, untuk tahun ini dicoba untuk memberikan topik baru pada lokakarya, yaitu dengan mengadakan satu sesi khusus yang ditujukan spesifik untuk organisasi.

Persiapan sebenarnya telah mulai dilakukan sejak kurang lebih dua bulan sebelum acara, seperti biasa dengan digebah oleh FeHa dan Pak Neil. Tapi seperti biasa pula, persiapan akhir baru terjadi detik-detik menjelang acara berlangsung. Chika, Leo, Mbak Indah, Mbak Linda, Mas BP, Boy, dan Om JaF turut terlibat dalam diskusi topik apa yang akan diusung dalam lokakarya blogger dan Wikipedia tahun ini. Lokakarya blogger akhirnya mengambil topik mengenai blog multimedia sedangkan lokakarya Wikipedia awalnya akan mengambil topik Wikipedia untuk organisasi dan tokoh. Opsi topik Wikipedia untuk tokoh akhirnya dibatalkan karena, ummm, karena apa ya, Cik?

Untungnya, tidak seperti lokakarya tahun lalu, tahun ini panitia INAICTA telah menyiapkan mekanisme pendaftaran serta pembuatan sertifikat bagi para peserta. Para fasilitator pun cuma perlu berkonsentrasi menyiapkan materi lokakarya yang akhirnya diputuskan dibagi masing-masing hari menjadi dua sesi: pagi (9:00 – 11:00) dan sore (14:00 – 16:00), Kamis untuk blogger dan Jumat untuk Wikipedia. Materi lokakarya disediakan untuk umum dan dapat diunduh dari situs INAICTA 2008.

Saya cuma sempat mampir sebentar menyapa Boy dan Mbak Indah menjelang sesi pagi blogger pada hari Kamis. Barulah pada hari Jumat saya cuti penuh dari kantor untuk mengisi lokakarya Wikipedia bersama dengan Geboy, Ricky, dan Ichsan.

FacilitatorsPara fasilitator lokakarya “Menulis di Wikipedia bahasa Indonesia

Sesi pertama, untuk umum, diikuti kurang lebih 40 orang peserta dan dimulai terlambat sekitar 30 menit dari waktu yang dijadwalkan. Sesi kedua, untuk organisasi, walaupun dimulai tepat waktu, diikuti oleh lebih sedikit peserta – kurang lebih 30-an. Hampir semua peserta belum pernah menulis di Wikipedia, walaupun banyak yang sudah pernah menulis blog. Materi lokakarya berkisar mengenai pengenalan Wikipedia secara umum, Wikipedia bahasa Indonesia, bagaimana berkontribusi (untuk sesi umum), Wikipedia untuk organisasi (untuk sesi organisasi), serta praktik langsung menulis di Wikipedia.

Umpan balik para peserta umumnya mengomentari waktu lokakarya yang dirasa terlalu singkat, pelaksanaan acara yang diharapkan lebih sering dan tak hanya di Jakarta saja, serta pengiriman materi yang sebaiknya dilakukan sebelum acara berlangsung. Bahkan ada juga yang berharap mendapat cindera mata!

Sebenarnya ada satu yang mengganjal di hati saya sejak tahun lalu: mengapa judul resmi acara harus dalam bahasa Inggris? Apakah acara ini ditujukan lebih banyak untuk orang asing? Rasanya judul Anugerah Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (ATIKI) cukup bagus sebagai judul resmi. Cukuplah judul bahasa asing menjadi judul alternatif. Tema “Kebangkitan Nasional Melalui Kreativitas Digital” mungkin juga seharusnya mencakup bangkitnya kebanggaan terhadap penggunaan bahasa Indonesia.

Tapi secara umum, penyelenggaraan lokakarya tahun ini lebih baik dari tahun lalu. Salut untuk semua panitia! Sayangnya, karena acara ini, saya jadi tak sempat mengikuti Tweet Up di Senayan City.

Perihal Ivan Lanin
Wikipediawan, pencinta bahasa Indonesia, dan pendukung Creative Commons.

8 Responses to Lokakarya Menulis di Wikipedia bahasa Indonesia

  1. feha mengatakan:

    masalah nama resmi dalam Inggris, silakan tanyakan kepada bohirnya :p

  2. IndahJuli mengatakan:

    huhuhuhu…kenapa dipisah2 sih Wiki dan Blog, jadi ngak bisa ikutan deh acaranya Wiki.
    Sukses buat Wiki Indonesia 🙂

  3. IMW mengatakan:

    Mungkin rekan-rekan aktifis Wikipedia bahasa Indonesia bisa ikut meramaikan WOSOC [http://www.wosoc-conference.org]

  4. linda mengatakan:

    hmmm padahal saya cuma ikut2an baca email aja ya pak
    maap gak bisa ikut partisipasi krn hari kerja 🙂

  5. serenity mengatakan:

    karena ngga pede ngundang (artis/tokoh)nya

  6. plkb mengatakan:

    artikelnya bagus-bagus

  7. arif mengatakan:

    wah…. luar biasa

  8. Ping-balik: Keterandalan Wikipedia « nan tak (kalah) penting

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: