Menulis Tiap Hari

Resolusi utama saya untuk tahun 2020 adalah menulis tiap hari. Iktikad itu muncul karena saya ingin memperlancar penuangan gagasan ke dalam tulisan. Saya merasa selama ini proses tersebut tidak saya lakukan dengan serius. Sama seperti keterampilan lain, kepiawaian menulis perlu selalu diasah.

Saya sudah terbiasa menulis apa pun yang muncul dalam benak dengan Simplenote. Alasannya karena aplikasi buatan Automattic itu dapat diakses melalui laptop ataupun ponsel. Ternyata, publikasi tulisan dari Simplenote ke platform blog WordPress pun mudah.

Kiriman ini adalah tulisan pemanasan menjelang 2020. Ternyata sudah tujuh tahun berlalu sejak tulisan terakhir saya terbit di sini. Saya menulis ini dengan ponsel sambil menemani keluarga menikmati akhir pekan. Semoga istikamah.

21 tanggapan untuk “Menulis Tiap Hari

  1. Amin. 🙏🏻
    Kata “istikamah” ini tidak mengikut perubahan ejaan serapan bahasa Arab seperti yang terjadi pada “Baitulmakdis”, “Masjidilaksa”, dan “Lailatulkadar”? Huruf “k”-nya diubah menjadi “q”. Jadi, kata “istikamah” ditulis menjadi “istiqamah”.

  2. Sejujurnya, saya juga sudah ada pemikiran seperti itu sejak beberapa waktu lalu. Awalnya karena sering membaca blognya Dahlan Iskan (DI’s Way) yang selalu saja nongol tulisan terbaru setiap harinya. Saya heran: kok, bisa, sih, beliau begitu konsistennya menulis tiap hari? Sedangkan saya begitu banyak draf yang hanya jadi draf dan ide yang tak kunjung menjadi tulisan.

    Saya jadi ingin membuat nazar untuk disiplin menulis setiap hari dan ada konsekuensi yang harus dibayar jika melanggarnya. Namun, hingga detik ini belum juga ada kebulatan tekad untuk melakukannya. Sekarang masih mencoba untuk bisa rutin menulis terlebih dahulu.

    Mudah-mudahan Pak Ivan bisa konsisten dan saya bisa mengikuti langkah Anda secepatnya.

  3. Saya lupa kapan mulai berlangganan blog Uda Ivan. Tiba-tiba muncul tulisan baru di email. Apakah ini komentar saya yang pertama di blog Uda? Main-main juga ke blog saya, Om. Hehe…. Saya doakan bisa istikamah menulis sepanjang 2020. Saya pun beriktikad sama, pengin menulis rutin tahun ini. Salam hangat dari Kota Soto, Lamongan. Semoga suatu hari kita bisa kopdar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s