Buku Pedoman Konsultan Manajemen

Saya ingin membuat buku pedoman untuk konsultan manajemen berdasarkan pengalaman saya. Pekerjaan itu secara resmi saya tekuni sejak 2006 ketika bergabung dengan IndoConsult. Sebelum itu, sedikit banyak saya sudah melakukan kegiatan konsultan ketika menjadi analis sistem dan pemrogram komputer.

Konsultan manajemen itu peneliti. Bidang kajiannya masalah yang dihadapi kliennya. Istilah kerennya “riset bisnis”. Urutan kerja peneliti bisnis pada dasarnya sama dengan yang dipakai peneliti ilmiah: perumusan masalah, pengumpulan data, analisis masalah, serta sintesis rekomendasi. Keluaran pekerjaan konsultan saya bagi menjadi tiga, yaitu kertas kerja, laporan, dan presentasi.

Selain pemahaman terhadap metodologi penelitian bisnis, konsultan manajemen perlu memahami proses bisnis dan menguasai keterampilan bahasa. Pemahaman umum terhadap proses bisnis diperlukan agar dapat menyelami masalah penelitian sebagai bagian dari keseluruhan organisasi. Penguasaan keterampilan bahasa diperlukan agar dapat menggali informasi dan memberikan rekomendasi dengan efektif.

Jadi, tiga hal utama yang perlu dikuasai konsultan manajemen adalah riset bisnis (cara), proses bisnis (topik), dan keterampilan bahasa (saluran). Ketiganya menjadi bahan utama buku pedoman konsultan manajemen yang saya idamkan.

2019-12-29_18-28-37.png
Peta Pikiran Pedoman Konsultan Manajemen

2 tanggapan untuk “Buku Pedoman Konsultan Manajemen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s