Menghilangkan identitas editor di Microsoft Word

Salah satu fitur di pengolah kata Microsoft Word (Word) yang berguna bagi para editor adalah pelacak perubahan (track changes). Dengan fitur ini, kita dapat menandai perubahan atau memberi komentar sehingga dapat memberikan umpan balik bagi penulis dokumen tersebut. Proses ini dilakukan otomatis oleh aplikasi jika pelacak perubahan diaktifkan. Semua perubahan akan ditandai lengkap dengan identitas editor atau orang yang melakukan perubahan tersebut.

Kadang perlu untuk menyembunyikan atau menghilangkan identitas editor sembari tetap memberikan tanda perubahan yang dilakukan. Fitur ini telah tersedia sejak Word 2003. Jika dilakukan, prosedur ini akan menunjukkan perubahan dan komentar dengan nama anonim “Author”.

Word 2003

  1. Pilih menu Tools > Options. Pilih tab Security.
  2. Cek “Remove personal information from file properties on save“.
  3. Simpan dokumen.
  4. Untuk mengembalikannya pengaturan sehingga nama editor tetap tercatat, ulangi dari langkah nomor 1 dan hilangkan tanda cek pada langkah nomor 2.

Word 2007

  1. Klik Office Button > Prepare > Inspect Document.
  2. Cek “Document Properties and Personal Information“. JANGAN cek “Comments, Revisions, Versions, and Annotations” atau semua catatan perubahan akan hilang.
  3. Tekan tombol Inspect.
  4. Akan muncul hasil inspeksi dengan “Document Properties and Personal Information” diberi tanda seru di depannya. Tekan tombol Remove All. Jika hasil inspeksi tidak menunjukkan tanda seru, coba tutup dulu dokumen dan buka kembali sebelum melakukan langkah nomor 1 tadi.
  5. Klik Office Button > Word Options. Pilih tab Trust Center. Klik tombol “Trust Center Settings…“. Pilih tab “Privacy Options“. Pilihan “Remove personal information from file properties on save” harusnya tercentang jika proses telah berhasil.
  6. Simpan dokumen.
  7. Untuk mengembalikannya pengaturan sehingga nama editor tetap tercatat, lakukan mulai langkah nomor 5 dan hilangkan tanda cek pada “Remove personal information from file properties on save“.

Ditulis untuk menjawab permintaan bantuan dari seorang Bahterawan. Mudah-mudahan dapat membantu menghindari benturan antara editor dan penerjemah 🙂

Pembaruan: Untuk Word 2003/XP tersedia add-in (pengaya) tambahan untuk menghapus data tersembunyi seperti data pelacakan perubahan ini. Terdapat pula perangkat lunak Doc Scrubber yang dapat menghapus data tersembunyi untuk dokumen sebelum Word 2007, meskipun tidak dapat digunakan untuk menghapus nama editor masing-masing perubahan.

9 tanggapan untuk “Menghilangkan identitas editor di Microsoft Word

  1. Assalamualaikum. saya dari malaysia. alhamdulillah terima kasih atas bantuan. saya sudah cuba dan berjaya menghilangkan track changes, tapi masih ada comment yang tidak dapat dihilangkan. bagaimana ya. saya menggunakan microsoft word 2007

Tinggalkan komentar