Milenial, Kata Tahun Ini 2019

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) menetapkan kata “milenial” sebagai Kata Tahun Ini (KTI) 2019 melalui taklimat media (media briefing) pada 6 Januari 2020. Penetapan KTI itu merupakan yang pertama bagi Badan Bahasa. Sementara itu, dalam bahasa Inggris, Oxford University Press memilih “climate emergency” sebagai Word of the Year (WOTY) 2019, sedangkan Merriam-Webster menentukan “they” sebagai WOTY 2019. Sebagai tambahan, warganet Twitter negara +62 mendaulat “ambyar” sebagai #KataTerpopuler 2019.

Kata Tahun Ini

Pemilihan KTI yang pertama diadakan untuk bahasa Jerman pada 1971 melalui penerbitan Wort des Jahres oleh Gesellschaft für deutsche Sprache (Asosiasi Bahasa Jerman). American Dialect Society menjadi perintis penerbitan KTI bahasa Inggris pada 1991. Berbagai lembaga bahasa Inggris lain selanjutnya juga menerbitkan KTI versi mereka secara rutin, misalnya Merriam-Webster (sejak 2003), Oxford University Press (sejak 2004), dan Australian National Dictionary Centre (sejak 2006). Selain bahasa Jerman dan Inggris, pemilihan KTI juga diselenggarakan oleh beberapa bahasa lain, misalnya bahasa Jepang (sejak 1995), Rusia (sejak 2007), Denmark (sejak 2008), dan Norwegia (sejak 2012).

Milenial

Adjektiva “milenial” diberi dua arti di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yaitu (1) berkaitan dengan milenium dan (2) berkaitan dengan generasi yang lahir di antara tahun 1980-an dan 2000-an. Kata tersebut dimasukkan ke dalam KBBI pada pemutakhiran April 2018 sebagai serapan dari kata bahasa Inggris “millennial“. Menurut Badan Bahasa, kata “milenial” dipilih sebagai KTI 2019 berdasarkan lima kriteria sebagai berikut:

  1. Kata milenial merupakan salah satu kata yang masuk dalam pencarian kata terpopuler sepanjang tahun dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring.
  2. Kata milenial merupakan kata yang digunakan sepanjang tahun menurut Google Trends dengan jumlah penggunaan tertinggi pada bulan Maret 2019.
  3. Kata milenial menandai berbagai peristiwa, misalnya Festival Keselamatan Jalan Milenial 2019 dan pemilihan staf khusus presiden.
  4. Kata milenial digunakan oleh berbagai kalangan, dari pejabat hingga masyarakat umum, misalnya dalam kata generasi milenial dan bahasa milenial.
  5. Kata milenial memiliki keluasan distribusi bidang yang merata di seluruh Indonesia, misalnya pada berbagai media massa nasional dan di berbagai wilayah.

Ambyar

Jajak pendapat (japat) di Twitter yang digelar pada 12 Desember 2019 mempertandingkan popularitas empat kata di kalangan warganet: ambyar, ashiaaap, julid, dan santuy. Japat yang diikuti lebih dari 14 ribu orang itu menahbiskan ambyar sebagai #KataTerpopuler 2019. KBBI mencantumkan ambyar sebagai kata ragam cakapan dengan arti ‘bercerai-berai; berpisah-pisah; tidak terkonsentrasi lagi’. Pada 2019, kata yang berasal dari bahasa Jawa ini dipopulerkan (kembali) oleh para #SobatAmbyar Didi Kempot.

Penutup

Ajang pemilihan Kata Tahun Ini oleh Badan Bahasa dapat meningkatkan ketertarikan masyarakat untuk mempelajari kosakata bahasa Indonesia. Pemutakhiran KBBI Daring dua kali setahun (April dan Oktober) terus menambah jumlah perbendaharaan kata bahasa kita. Sayang jika berbagai kosakata baru ini tidak diperkenalkan kepada dan dipakai oleh masyarakat.

 

 

Satu tanggapan untuk “Milenial, Kata Tahun Ini 2019

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s