LinguaBahasa dan Kapitulis

Tahun 2019 adalah tahun rintisan (startup) bagi saya. Pada awal 2019, saya meneroka LinguaBahasa karena gemas melihat rendahnya keterampilan bahasa para pekerja profesional. Setelah selama ini menyebarkan pengetahuan kebahasaan melalui media sosial, saya pikir saya perlu suatu sarana yang lebih formal dalam bentuk pelatihan. Pelatihan keterampilan bahasa itulah layanan utama yang diberikan oleh LinguaBahasa. Tidak dinyana, pada pertengahan 2019, saya diajak bergabung dengan Kapitulis oleh Zarry Hendrik, Deva Mahenra, Kodratul Safti, dan Al Muhtadi. Kapitulis menyediakan layanan pembuatan konten kreatif digital. Pucuk dicinta ulam tiba.

LinguaBahasa

Poster Kampanye LinguaBahasa

LinguaBahasa adalah penyedia pelatihan keterampilan bahasa untuk komunikasi bisnis profesional. Keterampilan bahasa niscaya merupakan kunci keberhasilan komunikasi di dalam bisnis, yaitu untuk memastikan pesan dapat disampaikan efektif dan untuk meningkatkan citra pemberi pesan. Ada empat jenis keterampilan berbahasa yang perlu dikuasai, yakni menyimak, membaca, berbicara, dan menulis. Keempat keterampilan itu masing-masing memiliki sifat pasif dan aktif serta lisan dan tulisan.

Pelatihan yang diadakan LinguaBahasa memakai pendekatan praktis dengan tidak lupa dilengkapi paparan teoretis. Fasilitator pelatihan terdiri atas bahasawan dan praktisi berpengalaman dengan jam terbang yang tinggi di berbagai jenis organisasi dan industri. Latihan yang diberikan disesuaikan dengan keperluan peserta pelatihan guna memastikan keterampilan berbahasa yang dipelajari dapat langsung dipraktikkan di dunia nyata, misalnya sebagai admin media sosial, editor, jurnalis, atau apatur sipil negara (ASN).

Kapitulis

Tim Perangkai Kapitulis

Kapitulis adalah jenama (brand) dari Ragam Maha Kata. Kapitulis mewadahi talenta di bidang kreatif digital seperti penulis, perangkai kata, desainer, ilustrator, pembuat video, pewara, pemengaruh (influencer), dan pendengung (buzzer). Kapitulis mendayagunakan kreativitas untuk mewujudkan visi lokapasar kreatif (creative marketplace) dan menjalankan empat misi, yaitu (1) menguarkan semesta rasa persona, (2) mengungkit muruah pekerja kreatif, (3) menyelaraskan niat dengan amanat pesan pelanggan, dan (4) menumbuhkan asa dan arta pemangku kepentingan.

Layanan utama Kapitulis saat ini adalah rangkai kata dan rangkai gambar. Rangkai kata terdiri atas layanan pembuatan pesan (caption, chat, dan broadcast), surat (formal, informal, dan terbuka), tulisan (puisi, pantun, senandika, prosa, dan artikel), dan naskah (pidato dan voice-over). Rangkai gambar terdiri atas layanan pembuatan infografik dan spanduk. Rangkai gambar akan diperluas menjadi rangkai media dengan menyediakan layana pembuatan multimedia video dan siniar (podcast). Selain dua layanan utama itu, Kapitulis juga menyediakan layanan rangkai acara dan rangkai citra. Rangkai acara adalah layanan penyelenggaraan acara (event organizer/EO), termasuk pembawa acaranya. Rangkai citra menyediakan layanan untuk membentuk citra individu atau organisasi melaluiĀ pembuatan bahan pemasaran (jenama, slogan, dan kutipan) serta publisitas (kampanye/aktivasi, pemengaruh, dan publisis). Kapitulis merangkai kata, media, acara, dan citra.

Penutup

LinguaBahasa dan Kapitulis adalah sarana saya untuk memartabatkan bahasa Indonesia di negeri sendiri. Dengan semboyan “Kuasai Bahasa, Kuasai Dunia”, LinguaBahasa diharapkan dapat mendorong fungsi bahasa sebagai alat komunikasi yang efektif. Melalui slogan “Sudah Ada Kata-katanya?”, Kapitulis mengangkat fungsi bahasa sebagai alat ekspresi dan alat sosial. Insyaallah.

2 tanggapan untuk “LinguaBahasa dan Kapitulis

  1. Salut, Uda, atas berdirinya LinguaBahasa! Saya juga pencinta bahasa Indonesia dan suka sekali belajar bahasa asing. Semoga suatu hari bisa bekerja sama. Sukses buat LinguaBahasa! šŸ™

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s