Pemetaan Pikiran

Sudah lama saya suka pemetaan pikiran (mind mapping). Metode visualisasi pertalian konsep dalam bentuk diagram hierarkis itu membuat saya dapat memahami suatu topik dengan cepat dan sistematis. Peta pikiran pun memudahkan saya untuk penyampaian gagasan kepada orang lain. Saya memakai metode itu antara lain ketika mempelajari suatu hal baru, memfasilitasi curah pikiran (brainstorming), dan menyajikan gagasan kompleks dengan sederhana.

Agar efektif dan terdokumentasi, proses pemetaan pikiran memerlukan alat bantu aplikasi komputer. Saya sudah mencoba berbagai perangkat lunak pemetaan pikiran, antara lain Coggle, Freemind, MindManager, MindMaple, MindMeister, dan XMind. MindManager paling kaya fitur dan paling ramah pengguna, tetapi harganya mahal. MindMaple sempat saya pakai selama beberapa tahun karena dahulu ada versi gratisnya dan penggunaannya pun mudah. Terakhir, saya memutuskan untuk memakai MindMeister (versi berbayar) karena harganya cukup murah, aplikasinya tersedia di laptop dan ponsel, serta peta pikirannya bisa dibagikan kepada individu ataupun publik.

Fasilitas untuk membagikan peta pikiran kepada publik paling perlu bagi saya saat ini. Saya pikir orang akan lebih mudah memahami secara menyeluruh suatu konsep ketika pemaparannya disajikan tidak hanya dalam bentuk teks, tetapi juga dalam bentuk diagram. Beberapa peta pikiran bertopik bahasa, manajemen, dan teknologi telah saya bagikan di kanal saya di MindMeister. Silakan kunjungi kanal tersebut di tautan ini: https://www.mindmeister.com/users/channel/93155.

Satu tanggapan untuk “Pemetaan Pikiran

  1. Dulu sempat pakai mindmanager versi gratisnya tapi sekarang jarang karena berbayar. Menarik sekali jika hasil mind mapping kita bisa disimpan online dan dibagikan kepada yang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s