Kata Terpopuler di KBBI Daring

KBBI Daring menyediakan data kata terpopuler berdasarkan pencarian pengunjung. Data yang hanya dapat dilihat pengguna terdaftar tersebut dikelompokkan berdasarkan kemasyhuran sepanjang masa, tahun ini, bulan ini, minggu ini, dan hari ini. Mari kita analisis data ini dengan mengabaikan kapitalisasi.

Ada delapan belas kata yang paling banyak dicari di KBBI Daring sepanjang masa dan tahun ini. Sebelas kata dasar—aktivitas, analisis, detail, efektif, izin, objek, praktik, risiko, sistem, survei, zaman—tampaknya populer karena keraguan terhadap bentuk baku kata itu. Demikian pula halnya dengan dua kata turunan “kerja sama” dan “memengaruhi”: Pengguna KBBI gamam apa bentuk baku kata-kata tersebut. Satu kata tidak baku (resiko) pun terselip di dalam deretan kata yang banyak dicari. Empat kata—literasi, milenial, daring, hoaks—tampaknya populer karena keingintahuan pengguna terhadap arti sebenarnya dari kata itu.

Popularitas temporer (bulanan, mingguan, dan harian) muskil dianalisis tanpa memahami konteks. Kita perlu mengetahui apa yang terjadi di jagat maya pada saat itu. Ada yang dapat memberikan analisis mengapa dua puluh kata ini belakangan banyak dicari orang?

  1. batu merah
  2. bersengkarut
  3. daftar
  4. desain
  5. dinamis
  6. entitas
  7. fesyen
  8. grafik
  9. grafis
  10. hasil
  11. hatta
  12. kelindan
  13. mahligai
  14. makzul
  15. november
  16. om
  17. runding
  18. rundingan
  19. sendu
  20. upeti

Oh, ya. Untuk dapat melihat sendiri data kata terpopuler, daftarkan dulu diri Anda di KBBI Daring (menu “Daftar” di kanan atas), lalu tuju laman ini: https://kbbi.kemdikbud.go.id/Cari/Index

Satu tanggapan untuk “Kata Terpopuler di KBBI Daring

  1. 3. Rasa-rasanya wajar jika “daftar” menjadi kata yang sering dicari di akhir tahun. Ada banyak daftar yang keluar atau harus dibuat di akhir tahun, semisal daftar nilai, daftar peringkat, daftar resolusi untuk tahun 2020, dsb.
    4. Pikiran saya langsung mengarah pada desain ibu kota baru. Wacana ini sudah diperbincangkan sejak lama. Sempat dilombakan dan baru saja minggu lalu diumumkan desain pemenangnya.
    7, 8, 9. Sepertinya nomor 4 sedikit banyak berpengaruh pada pencarian ketiga kata ini.
    10. Sebagaimana nomor 3. IPK, hasil akhir (atau paruh musim) klasemen berbagai macam liga dan cabor, dsb.
    14. Sudah pasti soal rencana pemakzulan Trump yang menghebohkan belakangan ini.
    17 & 18. Bisa jadi ada kaitannya dengan perundingan nuklir Korut-AS. Baru-baru ini ramai dibicarakan soal Kim Jong-un yang mau mengirimkan “hadiah natal” ke AS kalau perundingannya belum menemui titik terang hingga akhir tahun.
    20. Belum lama ini mencuat istilah “upeti pramugari” (awalnya dari cuitan @digeeembok) yang ramai dibicarakan setelah terbongkarnya “borok” Garuda beserta Dirutnya.

    Segitu saja analisis saya. Untuk nomor lainnya, saya tidak ada bayangan kenapa belakangan banyak dicari. Dan saya baru tahu, loh, kalau “hatta” adalah kata dasar. Saya kira orang-orang mencari Bapak Koperasi di KBBI. Hahaha…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s