Wisuda

Tadi siang, 8 September 2012, saya mengikuti acara syukuran dan pelepasan wisudawan pascasarjana Fasilkom UI di gedung Sabha Widya, kampus UI, Depok. Alhamdulillah, akhirnya perjalanan menempuh pendidikan selama tiga tahun berhasil saya tuntaskan dan gelar M.T.I. (Magister Teknologi Informasi) sudah berhak saya sandang. Terima kasih saya persembahkan kepada segenap dosen dan staf MTI UI yang telah sangat membantu dalam proses tersebut.

Seperti pesan Ben Parker kepada Peter, “with great power, comes great responsibility,” Pak Chan dalam sambutannya pun menitipkan pesan senada. Beliau meminta para lulusan untuk dapat menyumbangkan sesuatu bagi Indonesia, terutama melalui bidang teknologi informasi yang kami kuasai. Lulusan S-2 merupakan bagian kecil dari penduduk Indonesia yang mendapat kesempatan untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi. Karena itu, tanggung jawab dan harapan terhadap lulusan pascasarjana pun menjadi lebih besar.

Selama mendengarkan pidato Pak Chan, saya merenung. Saya orang yang praktis dan tidak suka bermuluk-muluk. Saya akan ambil dua hal yang sudah familier bagi saya sebagai “tujuan hidup” saat ini: meningkatkan kualitas artikel Wikipedia Indonesia dan mengembangkan korpus bahasa Indonesia. Perkara yang pertama telah saya mulai dalam tesis saya, meskipun penerapannya akan menjadi suatu proses panjang yang jauh lebih pelik bila dibandingkan dengan proses perancangannya. Perkara yang kedua hingga kini masih menjadi angan-angan, walaupun saya sudah tahu pasti betapa pentingnya pewujudan hal ini dalam perkembangan bahasa Indonesia.

Hari sudah menjelang tengah malam dan saya sudah sangat mengantuk. Sebagai langkah awal, saya bagikan dulu berkas lengkap tesis saya yang berjudul Strategi Peningkatan Kualitas Ilmiah Wikipedia Bahasa Indonesia. Mudah-mudahan bermanfaat.

21 tanggapan untuk “Wisuda

  1. Salam kenal. Saya senang dengan artikel Mas Ivan tentang kebahasaan. Saya termasuk salah satu pembaca setia. Omong-omong, mengapa Mas Ivan tidak ambil kuliah linguistik saja?
    Referensi Mas Ivan mengulik persoalan bahasa Indonesia itu dari mana saja ya? Hehe, saya penasaran. Saya juga mau menambah wawasan soal linguistik.

  2. Ah saya lupa kalau Mas Ivan juga diwisuda kemarin. Pantas saja saat di Sabha Widya, saya melihat sosok wisudawan pascasarjana Fasilkom UI yang tidak asing di ingatan saya. Selamat mas Ivan atas keberhasilan menempuh perjalanan hingga akhir dan membuahkan hasil. Semoga ilmu yang dimiliki bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungan. Amin. 🙂

  3. @Sufren: Salam kenal juga. Saya memang berniat mengambil S-3 dalam bidang linguistik. Saat ini saya belajar linguistik secara autodidak dengan membaca berbagai buku dan jurnal linguistik serta berdiskusi dengan teman-teman dari kalangan linguistik. Tentu saja ilmu saya masih jauh dari sempurna.

    @Galih: Terima kasih.

    @AMYunus: Loh, kemarin hadir juga pada acara wisuda itu?

  4. Halo Mas Ivan.. Selamat ya Atas Wisudanya.. nyasar ke blog ini dari blog pak Riri Satria hehe.. semoga semakin maju dan menyumbangkan pemikiran untuk masa depan bangsa ini terutama dalam berbahasa.. amin.. dan jangan bosan2 kalau saya nanya2 lagi di twitter tentang bahasa indonesia yang baik dan benar hehe..

  5. Mas Ivan, saya rencana mau ngambil S2 MTI-UI juga, minta penjelasan mengenai rincian biaya kuliahnya dari awal sampai akhir. Terima kasih

  6. Loh loh loh….
    Saya sudah lama mengikuti tweet dan blognya, tetapi baru baca artikel ini, dan ternyata pernah di acara yang sama.
    Salam kenal mas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s