Wikipediawan

WikipediawanJika diminta mendeskripsikan diri sendiri dengan satu kata, serta-merta saya akan menjawab “Wikipediawan” tanpa terlalu memikirkan apakah lawan bicara saya paham apa yang dimaksud dengan istilah itu. Wikipediawan, atau Wikipedian dalam bahasa Inggris, adalah orang yang menulis atau mengedit artikel untuk Wikipedia. Bagi yang belum tahu (!), Wikipedia adalah suatu ensiklopedia daring bebas dan terbuka yang dibuat secara kolaboratif oleh para sukarelawan dan dioperasikan oleh organisasi nirlaba Wikimedia Foundation.

Ada beberapa kebiasaan yang saya anggap ditimbulkan oleh kewikipediawanan saya sejak Februari 2006 ini. Berikut beberapa di antaranya.

  1. Deskriptif. Wikipediawan terbiasa menulis dengan gaya deskriptif, bukan naratif. Kalimat khas Wikipediawan diawali dengan “XYZ adalah”—XYZ adalah nama suatu konsep—dan dilanjutkan dengan deskripsi ringkasnya. Meskipun membuat Wikipediawan kesulitan untuk menulis fiksi atau puisi, kebiasaan ini sangat membantu memudahkan pemahaman tentang suatu konsep.
  2. Pedantis. Karena terbiasa dengan deskripsi, Wikipediawan cenderung cerewet dengan ketepatan penggunaan bahasa. Hal ini juga tampaknya membuat banyak Wikipediawan, termasuk saya, pada akhirnya jatuh cinta dengan linguistik. Dampak buruknya adalah jika kebiasaan rewel terhadap diksi ini terbawa ke dalam keseharian: banyak sanak dan kawan saya yang cemberut karena saya sering mengoreksi kesalahan ejaan atau tata bahasa dalam percakapan sehari-hari. Akhirnya kini secara sadar saya berupaya mengerem kebiasaan pedantis terhadap ragam nonformal.
  3. Berupaya netral. Salah satu pilar utama Wikipedia, sudut pandang netral (NPOV, neutral point of view), ternyata juga berpengaruh terhadap sifat Wikipediawan. Jika ada beberapa pandangan atau pilihan terhadap suatu hal, Wikipediawan akan menyajikan berbagai opsi tersebut, kadang disertai dengan pilihan pribadinya dan kadang tidak. Seorang sahabat pernah mengkritik saya dan menganjurkan untuk mengambil sikap tegas untuk beberapa permasalahan tertentu ketimbang sekadar memberi fakta.
  4. Cinta rujukan. Wikipediawan diharuskan mengutip sumber tulisan, terutama jika suatu pernyataan atau fakta belum banyak diketahui orang, bertentangan dengan pendapat umum, atau dapat mengundang kontroversi. @senirupa menyadarkan saya bahwa ternyata kebiasaan memberi rujukan ini saya terapkan bahkan sampai ke Twitter: hampir semua kicauan saya disertai dengan tautan ke sumber rujukan.
  5. Suka kapitalisasi kalimat. Pedoman gaya Wikipedia mengatur bahwa kapitalisasi yang digunakan pada judul adalah kapitalisasi kalimat (sentence case): hanya huruf pertama kata pertama yang ditulis dengan huruf besar, kecuali untuk nama diri. Karena bertentangan dengan pedoman EYD, kebiasaan ini kadang menimbulkan masalah. Untunglah tampaknya sedikit demi sedikit hal ini mulai bisa diterima asal taat asas.

Positif atau tidaknya berbagai kebiasaan itu sangat tergantung pada konteks dan sudut pandang penilai. Namun, saya tetap bangga mengaku sebagai Wikipediawan dengan segala kebiasaan tersebut.

Perihal Ivan Lanin
Wikipediawan, pencinta bahasa Indonesia, dan pendukung Creative Commons.

10 Responses to Wikipediawan

  1. galihsatria mengatakan:

    Meskipun saya suka menulis, tetapi karena gaya deskriptifnya ini yang membuat saya sulit untuk berkontribusi di wikipedia. Selama ini saya menulis untuk melepas stres, tapi kalau menulis untuk Wikipedia jadi nambah stres, he he he

  2. ria mengatakan:

    gimana sih jadi sukarelawan di wikipedia, saya tertarik juga, sayang saya agak gaptek nih…

  3. Ping-balik: Belajar Tiada Henti » Blog Archive » Workshop Wikipedia

  4. aziz mengatakan:

    jadi pengen ikutan.,.,
    caranya gmn ?

  5. LiLiz mengatakan:

    wahhh, hebat tuh masss 🙂

  6. Faizal | Akselera mengatakan:

    jd pengen ikutan jg mas,,,?
    hebat qm mas….

  7. Blogseven77 mengatakan:

    saya juga suka nulis,,, cuma untuk blog saya sendiri…

  8. Armeyn mengatakan:

    sebenarnya metode wikipedia itu ilmiah sekali ya.. sangat baik untuk diterapkan dalam kehidupan sehari2, sehingga ngga terjadi kesalahan informasi. 🙂

    salam kenal!

  9. Ping-balik: Tesis « nan tak (kalah) penting

  10. Ping-balik: Workshop Wikipedia | Jejak Kata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: