Aksara

AksaraAksara, dari bahasa Sanskerta akṣára, adalah sistem tulisan (writing system) yang digunakan manusia untuk berkomunikasi dan sedikit banyaknya mewakili ujaran atau bunyi bahasa. Dalam bahasa Indonesia, kata aksara juga mengandung makna lain sebagai sinonim huruf, yaitu tiap simbol dalam suatu sistem tulisan.

Perbedaan aksara dengan sistem komunikasi simbolis lainnya—seperti simbol informasi, gambar, peta, dan matematika—adalah kaitannya dengan suatu bahasa lisan yang harus dipahami oleh pembaca untuk dapat memahami maknanya; sistem simbol lain umumnya tidak memerlukan pemahaman tersebut.

Aksara umumnya dikelompokkan berdasarkan apa yang dilambangkan oleh tiap simbol: morfem, suku kata (silabel), atau fonem. Ada enam kelompok besar aksara menurut pembagian ini: (1) logogram, (2) aksara silabis, (3) aksara fonetis, (4) alfabet, (5) abudiga, dan (6) abjad.

Logogram atau aksara morfemis menggunakan satu lambang untuk satu morfem (misalnya aksara Cina). Aksara silabis menggunakan satu lambang untuk satu suku kata atau silabel (misalnya aksara Kana Jepang). Aksara fonetis menggunakan satu lambang untuk tiap varian fonem atau bunyi (misalnya aksara Hangul Korea).

Alfabet, abudiga, dan abjad sama-sama merupakan aksara fonemis yang menggunakan satu lambang untuk satu fonem secara konsisten. Perbedaannya adalah bahwa alfabet memiliki simbol sendiri baik untuk konsonan maupun vokal (misalnya aksara Latin yang digunakan oleh bahasa Indonesia), abudiga memiliki simbol untuk gabungan konsonan dan vokal (misalnya aksara Dewanagri dan Jawa),  sedangkan abjad hanya memiliki simbol untuk konsonan (misalnya aksara Arab).

Nah, mudah-mudahan dari penjelasan ini cukup jelas perbedaan antara istilah aksara, huruf, alfabet, dan abjad yang sering tertukar penggunaannya ini.

Iklan

Perihal Ivan Lanin
Wikipediawan, pencinta bahasa Indonesia, dan pendukung Creative Commons.

5 Responses to Aksara

  1. first camera says:

    wah mantap infonya..nambah wawasan,,makasih infonya…salam hangat…

  2. jadi jelas selam ini saya salah yang beranggapan AKSARA = HURUF.tks

  3. Mencerahkan. Terima kasih. 🙂

  4. abrari says:

    Kalau dikatakan “huruf adalah bagian dari aksara” itu benar tidak pak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: