Peta pikiran

Peta pikiran (bahasa Inggris: mind map) adalah suatu diagram yang digunakan untuk menggambarkan berbagai ide di seputar suatu ide pusat. Metode visual untuk mencatat ini terutama digunakan untuk mengorganisasikan pikiran untuk membantu memahami atau mengingat suatu atau beberapa ide. Meskipun visualisasi semacam ini telah diterapkan sejak beberapa abad yang lalu, pemetaan pikiran modern dianggap telah dipopulerkan oleh Tony Buzan, seorang ahli psikologi populer Inggris.

Saya sangat suka membuat peta pikiran untuk memudahkan pengorganisasian berbagai konsep agar mudah diingat secara asosiatif. Sebagai alat bantu pemetaan pikiran, saya menggunakan perangkat lunak sumber terbuka FreeMind. Sewaktu membaca suatu buku nonfiksi, misalnya, hal pertama yang saya lakukan adalah membuat peta pikiran berdasarkan daftar isi buku tersebut. Setelah selesai membuat peta, saya akan merenung dulu sambil berupaya merajut sendiri isi buku berdasarkan peta tersebut, sebelum benar-benar membaca buku itu. Dengan cara ini, saya merasa bahwa proses membaca menjadi jauh lebih efektif.

Saya juga pernah melihat Ramya menggunakan peta pikiran untuk menghasilkan suatu presentasi. Presentasi yang dihasilkan cukup menarik dan saya pikir juga efisien karena dapat dihasilkan sambil mencurahkan ide dengan menggunakan pemetaan pikiran. Lain kali akan saya coba ah.

Sudah coba metode pemetaan pikiran ini? Punya cara lain untuk memanfaatkannya?

9 tanggapan untuk “Peta pikiran

  1. yup, mind map bikin kita lebih fun, apalagi yang suka gambar2 gitu, habis dah digambar2 yang aneh2. tp otak kiri + kanan malah kerja bareng…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s