Label bersusun, intip isi pesan, dan seret lepas

Gmail telah merilis tiga fitur baru untuk para penggunanya pada dua hari Jumat yang berurutan: “label bersusun” (nested labels) dan “intip isi pesan” (message sneak peak) pada tanggal 9 April 2010 serta “seret lepas lampiran” (drag and drop attachments) pada tanggal 16 April.

Label bersusun memberikan tampilan hierarki pada label dan disediakan dalam bentuk fitur Google Labs. Untuk menggunakannya, masuk ke tab Lab pada menu Setelan (Settings) dan dan aktifkan Label Bersusun (Nested Labels) di sana. Setelah aktif, label harus diberi nama dengan garis miring (/) untuk menjadikannya anak dari label lain. Misalnya, jika ingin menempatkan label “Bahtera” dan “i15n” di bawah label “Milis”, kedua label tersebut harus diubah masing-masing menjadi “Milis/Bahtera” dan “Milis/i15n”. Fitur sebenarnya telah sejak lama disediakan oleh skrip Greasemonkey Folders4Gmail.

Fitur intip isi pesan juga harus diaktifkan melalui Google Labs. Setelah diaktifkan, fitur ini akan memberikan fasilitas untuk melihat pratinjau isi pesan dengan mengeklik kanan pada baris pesan seperti gambar di bawah ini.

Pengguna Firefox 3.6+ dan Chrome 4+ dapat memanfaatkan fitur HTML5 untuk menambahkan lampiran ke dalam suatu pesan dengan menyeret lepas berkas dari pengelola berkas (file manager) ke Gmail. Sewaktu menyeret berkas, Gmail akan memunculkan tempat untuk melepaskan berkas tersebut seperti pada gambar di bawah ini.

Penambahan tiga fitur baru ini membuat saya semakin jatuh cinta dengan Gmail. Terima kasih untuk @naivee yang telah menunjukkan adanya fitur baru ini. Hidup Liverpool!

Iklan

Perihal Ivan Lanin
Wikipediawan pencinta bahasa Indonesia

2 Responses to Label bersusun, intip isi pesan, dan seret lepas

  1. Mia Indreswari says:

    “…untuk melihat pratinjau isi pesan dengan mengeklik kanan …”
    Apakah ada padanan kata dalam bahasa Indonesia untuk ‘click’ (istilah dalam penggunaan komputer) selain ‘mengeklik’?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: