Anjungan transaksi mandiri

Dalam bahasa Inggris, ATM adalah singkatan dari automated teller machine, yaitu suatu peranti telekomunikasi terkomputerisasi yang menyediakan fasilitas bagi nasabah suatu lembaga keuangan (seperti bank) untuk melakukan transaksi keuangan tanpa bantuan kasir atau petugas bank (teller). Nama lain dari peranti ini di antaranya adalah automated transaction machine, automated banking machine, cashpoint (di Britania Raya), money machine, bank machine, cash machine, hole-in-the-wall, Bancomat (di berbagai negara di Eropa dan Rusia), Multibanco (di Portugal), dan Any Time Money (di India). Mesin ATM modern pertama di dunia diciptakan oleh John Shepherd-Barron dan dipasang pada 26 Juni 1967 di London Utara, Inggris untuk Barclays Bank.

Di Indonesia, penggunaan ATM dimulai sejak 1987. Demi mempertahankan singkatannya,  digunakanlah istilah anjungan tunai mandiri sebagai kepanjangan singkatan ATM (konon dicetuskan oleh Pak Jos Luhukay). Definisi di KBBI daring adalah:

anjungan tunai mandiri (ATM) mesin otomatis (milik bank) untuk mengeluarkan uang tunai dng teknik tertentu, spt menekan tombol nomor tabungan, menekan nomor (kode) sesuai dng petunjuk;

Beberapa hari yang lalu, Pak Neil menulis pesan di dinding Facebook saya: “ATM bukan lagi Anjungan Tunai Mandiri tapi Anjungan Transaksi Mandiri?” Waduh, saya baru tahu, Pak. Namun, karena menurut saya kepanjangan baru untuk ATM ini cukup bagus, saya lontarkan pertanyaan kepada khalayak melalui pemutakhiran status Twitter.

Ternyata, baik khalayak Twitter maupun Facebook banyak yang setuju dengan usulan ini, meskipun ada beberapa pertanyaan atau ide lain yang muncul seperti (1) mengapa harus mempertahankan singkatan ATM, (2) tepatkah penggunaan kata anjungan, dan (3) apakah penggunaan kata mandiri yang sekarang sudah menjadi nama suatu bank di Indonesia ini tidak berpotensi menuai protes dari bank lain?

Dalam membuat padanan, sebenarnya tidak ada keharusan mempertahankan singkatan asli, misalnya ICT (information and communication technology) menjadi TIK (teknologi informasi dan komunikasi). Tapi, jika bisa dan berterima, mengapa tidak? Pemadanan yang menghasilkan singkatan asli memberikan kemudahan dalam asosiasi konsep.

Definisi anjungan cukup menggambarkan sifat peranti ATM yang berupa suatu instalasi khusus.

1 anjung-anjung; 2 bangunan di taman atau lapangan, yg kadang-kadang dibuat secara artistik, dipakai sbg tempat rekreasi; 3 bangunan yg dibuat khusus untuk pameran dsb; paviliun;

Kata mandiri yang bermakna dalam keadaan dapat berdiri sendiri juga sudah tepat digunakan, meskipun tidak benar-benar merupakan padanan automated. Kesamaan dengan nama diri memang tidak dapat dihindari dan bukan menjadi penghalang penggunaan suatu kata. Mosok gara-gara itu kita jadi tidak bisa menggunakan kata mandiri? Toh kita juga mengenal majas metonimia.

Ditilik dari fungsinya, ATM memang tidak hanya berfungsi sebagai mesin untuk melayani transaksi tunai saja sehingga penggunaan kata tunai memang tidak terlalu tepat. Kalau kita perhatikan baik-baik, istilah “ATM non-tunai” yang digunakan beberapa bank pada mesin ATM-nya juga aneh jika menggunakan kepanjangan yang lama: anjungan tunai mandiri non-tunai? Bandingkan dengan anjungan transaksi mandiri non-tunai.

Mari kita gunakan istilah anjungan transaksi mandiri.

Perihal Ivan Lanin
Wikipediawan, pencinta bahasa Indonesia, dan pendukung Creative Commons.

4 Responses to Anjungan transaksi mandiri

  1. Ben mengatakan:

    Anjungan Transaksi Macam-macam… he he he 🙂

  2. dani mengatakan:

    Anjungan Transaksi Multifungsi? 🙂

  3. m1qbal mengatakan:

    Alat Transaksi Mu

  4. Ivan Lanin mengatakan:

    Halah. Banyak banget kemungkinan kepanjangannya ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: