Wikimania 2009: Hari Kedua

Hari kedua saya di Wikimania 2009 diawali dengan mendengarkan presentasi dari pendiri Wikipedia, Jimmy Wales, di Teatro Alvear dan diakhiri dengan diskusi mengenai upaya peningkatan kebergunaan (usability) Wikipedia yang dipandu oleh Angela Beesley, yang juga merupakan salah satu Wikipediawan yang paling awal bergabung.

Kondisi Wiki

Jimmy Wales membawakan presentasi bertajuk The State of the Wiki dan secara garis besar menceritakan kondisi proyek-proyek yang dikelola Wikimedia (termasuk Wikipedia) saat ini. Ia menekankan beberapa hal penting, antara lain:

  1. Wikipedia harus tetap menekankan pada visi untuk memberikan pengetahuan dalam semua bahasa, bahkan bahasa-bahasa yang terancam punah.
  2. Penyusunan strategi untuk proyek-proyek Wikimedia harus paling tidak menjawab tiga pertanyaan dasar: (1) di mana kita sekarang, (2) apa yang kita inginkan lima tahun mendatang, serta (3) apa yang harus dilakukan untuk menjembatani kondisi sekarang dan apa yang diinginkan tersebut.
  3. Inisiatif penyusunan strategi ini dikoordinasikan oleh Eugene Kim dan Philippe Beaudette dengan bantuan tim konsultan dari Bridgespan di StrategyWiki.

Penurunan

Andrew Lih, pengarang buku The Wikipedia Revolution, membawakan presentasi dengan judul Interpreting Wikipedia’s Demographic Decline: Implications for an Emergent Community yang membahas isu yang beredar di media tentang Wikipedia yang mencapai batas perkembangannya.

Menurutnya, memang terjadi perubahan antara kondisi awal ia aktif di Wikipedia (sekitar 2004/2005) dengan kondisi sekarang. Semakin banyak aturan yang diterapkan, padahal dulu Wikipedia dikenal dengan konsep IAR (ignore all rules, abaikan semua aturan). Dari data statistik yang disajikan, ia menunjukkan bahwa puncak penambahan artikel di Wikipedia bahasa Inggris terjadi sekitar Juli 2007, yang terutama menurutnya disebabkan karena Wikipedia sedang mengejar ketinggalan jumlah artikelnya.

Statistik

Erik Zachte, analis data WMF, membawakan presentasi berjudul Wikimedia in numbers yang memperkenalkan stats.wikimedia.org sekaligus menerangkan beberapa data statistik menarik tentang proyek-proyek Wikimedia yang bisa dilihat di sana. Ia juga menjelaskan sumbangan data statistik dari Comscore yang diberikan sejak tahun 2008 kepada WMF.

Menurut Erik, pada awalnya (2003-2004) WMF menggunakan webalizer yang kemudian ternyata tidak sanggup mengikuti peningkatan aktivitas situs-situsnya. Data statistik situs selanjutnya “hilang” sampai akhirnya baru dapat diakses kembali sejak tahun 2008.

Luring

Manuel Schneider, salah seorang pendiri Wikimedia Switzerland, membawakan presentasi tentang openZIM – serving the Wikipedia Offline Projects, suatu upaya membuat versi luring dari Wikipedia. Yang mengharukan adalah, ia tetap bersemangat membawakan presentasinya dengan hanya bermodalkan poster karena sehari sebelumnya laptopnya hilang dicuri.

Presentasi Manuel cukup menarik, terutama terkait dengan rencana Wikimedia Indonesia untuk menyediakan isi Wikipedia bahasa Indonesia secara luring dalam bentuk CD.

Google Wave

Gerard Meijssen dan Kim Bruning menyampaikan suatu sesi pengganti (seharusnya diisi oleh Stu West) tentang pemanfaatan teknologi baru Google, yaitu Wave untuk menyunting Wikipedia. Saya datang terlambat di sesi ini dan tidak terlalu dapat mengikuti keseluruhan isi presentasi.

Kebergunaan

Naoko Komura, Program Manager WMF untuk Wikipedia Usability Initiative (Prakarsa Kebergunaan Wikipedia) disingkat, membawakan materi yang menjelaskan tentang proyek ini. Proyek ini merupakan suatu proyek yang didanai oleh dana hibah dari Stanton Foundation yang bertujuan meningkatkan kebergunaan Wikipedia bagi kontributor baru sehingga mengurangi hambatan untuk berpartisipasi.

Beberapa hal yang akan dilakukan oleh proyek ini antara lain adalah:

  1. Menyederhanakan navigasi: ini telah mulai diujicobakan di proyek-proyek WMF.
  2. Memperbaiki tampilan hasil pencarian.
  3. Menyederhanakan antar muka penyuntingan secara umum dan pembuatan tabel.
  4. Menyederhanakan tampilan untuk menyunting templat dengan memberikan fitur “pelipatan” (folding) templat.

Sesi Naoko dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dipandu oleh Angela Beesley dari Wikia tentang upaya peningkatan kebergunaan oleh Wikia dan apa saja yang dapat diterapkan oleh proyek-proyek WMF.

Iklan

Perihal Ivan Lanin
Wikipediawan, pencinta bahasa Indonesia, dan pendukung Creative Commons.

4 Responses to Wikimania 2009: Hari Kedua

  1. Fadli Idris says:

    Menunggu rilis Wikipedia bahasa Indonesia versi luring. Semoga lancar-lancar saja.

    Saran, nanti kalau sudah ada CD/DVD nya agar kiranya bisa diunduh dan kami didaerah bisa memperbanyak sendiri untuk didistribusikan kepada khalayak ramai. hehehe

    • Ivan Lanin says:

      Akhir tahun 2008, CHIP Indonesia pernah membuat versi CD-nya. Niatnya memang kalau Wikimedia Indonesia sudah bisa memproduksi dalam bentuk CD, akan disebarkan ke khalayak secara bebas.

  2. rachmawati says:

    Klo gak baca nie sy gak tau byk ttg wikipedia..makasih pak..

  3. za says:

    Acara Wikimania hanya 2 hari, Mas Ivan? Wah, apa tempatnya tidak aman, laptop bisa sampai dicuri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: