Bebaskan pengetahuan!

Bebaskan-Pengetahuan Pada hari Jumat, 20 Maret 2009, melalui suatu konferensi pers yang diadakan di kantor Depkominfo, Wikimedia Indonesia (WMID) diresmikan peluncurannya. Tema acara peluncuran ini adalah “Bebaskan pengetahuan!” yang menggambarkan misi organisasi untuk mendorong pengembangan dan penyebaran pengetahuan dalam bahasa Indonesia secara bebas dan gratis.

Selain peluncuran WMID, acara ini juga memperkenalkan Christian Sugiono sebagai Duta Pengetahuan Bebas serta Ari Juliano sebagai Kepala Proyek untuk penerapan lisensi Karya Cipta Bersama atau Creative Commons di Indonesia.

Wikimedia Indonesia

WMID adalah suatu organisasi nirlaba, mitra lokal independen di Indonesia dari Wikimedia Foundation, organisasi yang menaungi Wikipedia serta berbagai proyek wiki lain. Sulit memang membuat orang mengerti perbedaan antara Wikipedia dan Wikimedia, apalagi ditambah adanya kemiripan penulisan dan pelafalan yang hanya berbeda satu huruf, “p” dan “m”. Seorang rekan pernah menyarankan untuk menekankan persamaan sederhana untuk menyampaikan perbedaan keduanya; Wikipedia = daring (online), Wikimedia = luring (offline).

Duta Pengetahuan Bebas

Tokoh publik disadari dapat menjadi pendorong yang baik untuk mencapai suatu misi dan WMID tidak menutup mata terhadap hal ini. Tian dipilih karena diketahui pernah aktif menulis di Wikipedia bahasa Indonesia (WBI). Ia cukup mengerti cara menulis artikel Wikipedia dan dinamika komunitas kontributor WBI dan diharapkan ia dapat menularkan semangat tersebut ke lingkungan yang lebih luas.

Karya Cipta Bersama

Kebebasan sangat rentan untuk disalahgunakan. Bebasnya memperoleh informasi di Internet sering kali membuat orang lupa (atau sengaja melupakan) memberikan penghargaan terhadap jerih payah pencipta karya, bahkan hanya dengan sekedar mencantumkan nama pencipta aslinya.

Creative Commons (CC) merupakan penyeimbang antara kebebasan penggunaan karya orang lain dengan perlindungan terhadap hak-hak pencipta karya. WMID berupaya membawa CC ke ranah hukum Indonesia sebagai perlindungan dan sekaligus penghargaan terhadap orang-orang yang bersedia membebaskan karyanya untuk digunakan oleh orang lain. Karya Cipta Bersama Indonesia (KCBI) atau Creative Commons Indonesia (CCID) akan menjadi lembaga advokasi untuk hak-hak pencipta karya kreatif seperti tulisan, gambar, foto, musik, dan video.

Tanggapan media

Menarik untuk mengikuti liputan media mengenai acara ini. Judul berita yang meliputi tiga jenis isu: profil caleg di Wikipedia, penanganan vandalisme, serta Sang Duta Pengetahuan Bebas. Ternyata memang benar bahwa menulis artikel untuk media massa atau publik sangat berbeda dengan menulis artikel untuk ensiklopedia.

Iklan

Perihal Ivan Lanin
Wikipediawan, pencinta bahasa Indonesia, dan pendukung Creative Commons.

14 Responses to Bebaskan pengetahuan!

  1. gagahput3ra says:

    Maju terus Wikipedia Indonesia, semoga bisa makin akurat, dan artikelnya gak pendek2 aja 😀

  2. Daus says:

    Wah saya senang akhirnya kita punya CC Indonesia. Saya pernah ngisi diskusi soal CC bersama Fotokita.net: http://fotokita.net/fk/blog/2009/03/berbagi-foto-siapa-takut/

    CC itu kan sebenarnya cuma menyediakan “legal documentation” ya? Artinya, apakah dia bisa menjadi dasar hukum yang tetap jika terjadi dispute?

    • Ivan Lanin says:

      Wah terima kasih rujukan tautannya, Mas Daus. Memang karya kreatif yang disebarkan melalui Internet seperti foto, gambar, tulisan blog, dll paling pas jika menggunakan CC.

      Mudah-mudahan dalam beberapa bulan ke depan “porting” lisensinya sudah bisa rampung. Pimpro Legal-nya adalah Ari Juliano. Jika diperlukan, presentasi ini mungkin bisa membantu menjelaskan konsep CC.

      Dasar hukum yang digunakan tetap adalah dasar hukum HKI di Indonesia. Jika terjadi perselisihan, CCID akan membantu pencipta dengan memberikan advokasi bahkan sampai penuntutan dengan tetap memperhatikan dasar hukum tersebut.

  3. kunderemp says:

    Tian lebih sering nulis di wikipedia Indonesia yah?
    Udah lama gak ngedit2 di wikipedia.. hehehehe..

    Wah.. kita sekarang punya Creative Commons untuk Indonesia.. asyiiik..

  4. kunderemp says:

    Hahahaha… aku udah tahu.. Subtube kah?

    • Ivan Lanin says:

      Yap. 100! Hasil googling? 😉

      • kunderemp says:

        Bukan….
        Buka halaman wikipedia Indonesia tentang Christian Sugiono, lalu lihat history-nya, kemudian menebak-nebak mana yang Tian. Di situ aku baru curiga dengan Subtube… ^_^*!

        Dulu, junior di kampus ngamuk2 gara2 aku membongkar ulah narsisnya lewat history wikipedia.. wakakakak….

        Banyak yang mengira, kalau mengedit di wikipedia, tidak tampak siapa yang mengedit. Padahal sebenarnya ada sejarahnya. ^_^*!

  5. gildo says:

    Memang , harus BEBASKAN PENGETAHUAN di-mana2.
    Disini, di spanyol sama, CULTURA GRATUITA PARA TODOS.
    Viva la Wikipedia-Hidup Wikipedia.

  6. andi says:

    aooooo tukeran link yukkk

    salam kena

  7. Daus says:

    Helo Ivan, maaf OOT :).

    Saya Daus yang semalem hadir di fX dalam acara FreSh! Barusan saya cek di KBBI Daring lema “aktivasi” tapi zero result, saya malah mendapat padanan lain yakni pengaktifan. Apakah “aktivasi” tidak baku?

    🙂

    • Ivan Lanin says:

      Halo Mas. Iya, saya cek ternyata memang tidak ada di KBBI daring (dari edisi 3 cetak), dan memang betul kata yang biasa digunakan sebagai pengganti adalah pengaktifan. Saya belum lihat di KBBI edisi 4 cetak.

      Untuk kata-kata yang belum ada di KBBI, biasanya saya selalu melihat dari pedoman penyerapan istilah. Activation sesuai pedoman ini, diserap dengan mengganti “c” menjadi “k”, “v” tidak berubah, dan sufiks “-tion” menjadi “-si”.

  8. asik bermanfaat sekali 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: