Menjelang seratus ribu artikel

Wikipedia bahasa Indonesia telah mencapai 100.000 artikel!

Berbagai perasaan bercampur aduk ketika sesuatu yang diimpikan sejak Maret 2006, sewaktu artikel Wikipedia bahasa Indonesia (WBI) berjumlah sekitar 20 ribu, akhirnya tercapai pada 20/21 Februari 2009.

Tidak percaya, karena hanya dengan sedikit kontributor aktif, angka ini bisa tercapai dalam tempo yang tak terlalu lama. Bangga, karena WBI kini merupakan Wikipedia peringkat ke-25 dalam jumlah artikel dari seluruh 265 Wikipedia yang ada. Bahkan merupakan peringkat ketiga terbesar bahasa di Asia, hanya kalah dari bahasa Jepang dan bahasa Tionghoa. Sedih, karena semakin lama semakin sulit meluangkan waktu bahkan hanya satu jam saja satu hari untuk WBI, padahal masih banyak sekali hal yang perlu dikerjakan.

Ada cukup banyak cerita di balik pencapaian ini. Berdasarkan perkembangan artikel, sekitar Desember 2008 – sewaktu jumlah artikel berkisar pada bilangan 95.000, diperkirakan bahwa angka seratus ribu akan tercapai pada sekitar pertengahan Februari 2009. Pada awal Februari, ternyata jumlah artikel baru hampir mencapai 98.000, masih dua ribu artikel lagi yang diperlukan. Terpaksalah target dimundurkan satu bulan menjadi pertengahan Maret 2009 karena tidak ingin menodai pencapaian tersebut dengan aksi bot pembuat artikel.

Ternyata cukup banyak Wikipediawan yang tertarik untuk tercatat sebagai pembuat artikel keseratus ribu. Dalam waktu seminggu, lebih dari dua ribu artikel baru dibuat. Pada menjelang tengah malam hari Jumat, 20 Februari 2009, hanya kurang dari 10 artikel untuk mencapai seratus ribu.

Akhirnya pada sekitar pukul 3 sore hari Sabtu, seorang pengguna anonim membuat artikel “Luck by Chance“. Artikel inilah yang diputuskan oleh para pengurus WBI menjadi artikel hitungan resmi ke-100.000.

Mengapa disebut artikel hitungan resmi? Karena sifat Wikipedia yang bisa disunting (diedit) oleh siapa saja, jumlah artikel di Wikipedia sangat dinamis. Normalnya, jumlah artikel selalu bertambah. Tapi kadang, jumlah ini berkurang karena adanya penghapusan artikel-artikel baru yang layak dihapus. Akibatnya, menjelang penetapan jumlah artikel mayor (setiap seribu artikel), para pengurus selalu membutuhkan waktu beberapa lama untuk melakukan penghitungan dengan terlebih dulu harus menghapus materi yang tidak dapat dihitung sebagai suatu artikel.

Khusus untuk pencapaian bersejarah seratus ribu ini, disepakati bahwa artikel yang berhak mendapat hitungan ke-100.000 adalah artikel yang dibuat oleh manusia (bukan bot), baik oleh pengguna anonim maupun terdaftar. Bot dikecualikan dari perhitungan sebagai bentuk penghargaan terhadap upaya manual yang dilakukan pengguna untuk membuat artikel. Kontributor anonim disertakan dalam penghitungan sebagai bentuk penghargaan pada sifat dasar Wikipedia yang bisa disunting siapa saja, bahkan oleh orang yang memilih tidak memaparkan identitasnya dengan menulis sebagai anonim.

Setelah seratus ribu artikel? Isu kualitas artikel, proyek lain, kontributor, dan distribusi menunggu.

Iklan

Perihal Ivan Lanin
Wikipediawan pencinta bahasa Indonesia

4 Responses to Menjelang seratus ribu artikel

  1. Eddy says:

    Menarik, sayangnya fenomena memakai kata bahasa “Tionghoa” masih aja ada di zaman sekarang. Kenapa gak pakai kata bahasa “Cina”? Tionghoa bukan bahasa, sepengetahuan saya, tetapi merujuk pada ras-nya. Saya sendiri keturunan orang Tionghoa, tetapi tidak keberatan sama sekali dengan istilah yg betul: bahasa Cina.

  2. serenity says:

    Bahasanya akan jadi bahasa Mandarin kayaknya, harus menggunakan resolusi dan pengurusnya sedang pada “malas” diskusi berat nampaknya hehehe. Boleh lihat ini mas: http://id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Warung_Kopi_(Usulan)/Arsip/2008#Penggunaan_Wikipedia_sebagai_media_propaganda_oleh_pihak_tertentu
    Dari kacamata komunikasi, Wikipedia memang sempat digunakan jadi tempat propaganda pro istilah Tiongkok, Tionghoa.

  3. Ping-balik: Setelah seratus ribu artikel « nan tak (kalah) penting

  4. Eddy says:

    @serenity: terima kasih buat tautannya. Ternyata istilah Cina/Tionghoa sudah menjadi topik lama di wikipedia. Semoga pengurusnya cepat mengambil resolusi dan wikipedia bisa menjadi sumber informasi yg akurat.

    Setuju, istilah bahasa Mandarin kayaknya lebih tepat 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: