Membuat halaman baru di Wikipedia

Salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan oleh kontributor pemula Wikipedia adalah, bagaimana cara membuat halaman atau artikel baru? Pertanyaan ini mungkin timbul karena tidak adanya suatu menu atau pranala (tautan) khusus untuk melakukan hal ini.

Membuat halaman baru dapat dilakukan antara lain melalui tiga cara yaitu (1) pranala merah, (2) pencarian, dan (3) alamat URL. Gambar berikut memberikan ilustrasi mengenai tiga cara tersebut.

Membuat artikel baru

Pranala merah

Pranala yang berwarna merah (dalam gambar di atas misalnya “bagan” atau “generasi”) menandakan bahwa halaman yang dituju belum tersedia. Jika diklik, pranala ini akan menampilkan halaman untuk pembuatan artikel baru. Cara ini merupakan cara termudah untuk membuat halaman baru.

Pencarian

Kotak pencarian yang selalu ada di bagian kiri setiap halaman juga dapat digunakan untuk membuat artikel baru. Jika suatu frasa yang dimasukkan ternyata belum ada artikelnya, akan muncul halaman “Hasil pencarian” seperti pada gambar berikut.

20090117-015602 Pencarian Bagan

Dua pranala merah yang muncul pada halaman ini jika diklik akan menampilkan halaman untuk pembuatan artikel baru.

Alamat URL

Cara ketiga untuk membuat artikel baru adalah dengan langsung mengetikkan nama artikel/halaman pada kotak entri URL setelah “http://id.wikipedia.org/wiki/”. Gambar berikut memberikan ilustrasinya

20090117-020802 Alamat URL

Pada contoh di atas, kata “Bagan” langsung diketikkan pada kotak entri URL penjelajah web dan akan memunculkan halaman seperti dalam gambar di atas. Klik pranala “Buat halaman …” juga akan menampilkan halaman untuk pembuatan artikel baru.

Catatan: Artikel ini merupakan artikel pertama yang dibuat dengan Windows Live Writer.

15 tanggapan untuk “Membuat halaman baru di Wikipedia

  1. lum punya akun di wikipedia, sebenarnya pengen juga sech.. tapi rasanya g ada yang bisa di banggakan kalo di tulisnya di wikipedia, lawannya ilmuwan semua..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s