Scrnshots

ScrnShots adalah suatu layanan web yang memberikan fasilitas penyimpanan gambar cuplikan layar dilengkapi dengan perangkat lunak untuk mencuplik layar (tersedia untuk Mac dan Windows) dan memuatnya ke situs mereka.

Cuplikan layar secara umum berguna sewaktu keluaran komputer  perlu ditunjukkan kepada orang lain. Pembuatan cuplikan atau tangkapan layar sebenarnya dapat dengan mudah dilakukan baik dengan fitur terpasang (built in) pada sistem operasi (misalnya tombol Print Screen pada Windows dan Command-Shift-3 pada Mac) maupun dengan menggunakan aplikasi tambahan (misalnya ZScreen pada Windows). Selanjutnya untuk mempublikasikannya, berkas gambar yang dihasilkan dapat dikirim melalui email atau dimuat ke situs-situs seperti Flickr, PhotoBucket, dll.

Layanan Scrnshots yang didirikan oleh Derek Kehler dan Greg Bell ini cukup unik dan memudahkan pengguna karena proses yang biasanya dilakukan dengan dua tahap tersebut dapat dilakukan sekaligus. Kabarnya Skitch juga memberikan layanan yang mirip, tapi secara karena saya bukan pencinta Mac maka saya belum berkesempatan mencobanya.

Scrnshots seharusnya menjadi perkakas wajib terutama bagi kaum penganut Taotanpa sekrinsyut adalah basbang™”. Tapi tampaknya baru kriwil, mbelienkz, dan pakerte yang sudah (mulai) memanfaatkannya.

Iklan

Perihal Ivan Lanin
Wikipediawan, pencinta bahasa Indonesia, dan pendukung Creative Commons.

2 Responses to Scrnshots

  1. snydez says:

    masalahnya, gue selalu mengedit hasil screenshot, kalo di upload langsung , kesannya ‘tolol’ karena menyertakan taskbar windows nya 😀

  2. nofa says:

    Bisa juga menggunakan Fireshot yang merupakan addons firefox. Mana ya yang lebih mudah dan lebih lengkap ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: