Knol, suatu unit pengetahuan

Knol (secara etimologi mungkin berasal dari knol-edge, pengetahuan) adalah suatu proyek dari Google yang ditujukan untuk menampung artikel-artikel dari pengguna mengenai berbagai topik seperti konsep ilmu, info medis, geografis, historis, dll. Versi beta Knol yang dibuka untuk umum pada 23 Juli 2008 setelah diumumkan pertama kali pada 13 Desember 2007 saat ini memiliki beberapa ratus artikel yang terutama bertopik kesehatan dan kedokteran.

Artikel-artikel ulasan mengenai Knol banyak membandingkan situs ini dengan Wikipedia, menganggap bahwa ini adalah upaya Google untuk menyaingi Wikipedia. Suatu tulisan blog dengan tepat menggambarkan perbedaan mendasar keduanya:

Knol adalah perpustakaan sedangkan Wikipedia adalah ensiklopedia.

Seperti buku-buku dalam perpustakaan, Knol merupakan koleksi pengetahuan yang ditulis pengarang tertentu dengan otoritasnya masing-masing. Tiap topik mungkin sekali ditulis oleh berbagai pengarang menurut opini atau pengetahuannya, yang tak jarang memiliki perbedaan sudut pandang satu dan yang lainnya. Sebaliknya, Wikipedia hanya menyediakan satu pembahasan mengenai suatu topik yang merupakan kolaborasi dan konsensus kontributor-kontributornya tanpa adanya satu otoritas tertentu. Dalam historiografi, Knol bisa berfungsi sebagai sumber sekunder ataupun sumber tersier sedangkan Wikipedia hanya bisa dianggap sebagai sumber tersier.

Knol dan Wikipedia saling melengkapi. Keragaman informasi mengenai suatu topik yang terdapat di Knol bisa memperkaya khazanah pengetahuan dari berbagai sudut pandang. Di sisi lain, konsep ensiklopedia Wikipedia dapat menjadi gerbang penjelajahan pendalaman yang mungkin akan mengarah ke Knol.

Knol rasanya tepat bagi pakar di suatu bidang tertentu, baik akademisi maupun profesional, untuk mempublikasikan ide atau temuan terbarunya. Dari pengalaman mencoba menulis di Knol, dibutuhkan suatu upaya ekstra dibandingkan menulis di Wikipedia. Ini mungkin karena adanya suatu kesadaran bahwa tulisan tersebut adalah menjadi tanggung jawab saya pribadi dan bukan komunitas.

Beberapa hal atau fitur lain yang perlu dicatat dari Knol adalah

  • Pembuatan akun dikaitkan dengan akun pengguna Google.
  • Ada tiga jenis peran dalam suatu tulisan, yaitu pemilik (owner), penulis (author), dan peninjau (reviewer).
  • Tulisan bisa berupa kolaborasi terbuka (semua pengguna bisa menyunting), termoderasi (semua pengguna bisa mengusulkan perubahan, tapi butuh persetujuan dari pemilik tulisan), atau tertutup (hanya pemilik tulisan dan pengarang yang diundang yang bisa menyunting).
  • Hak cipta tulisan bisa dipilih antara hak cipta ekskusif dan lisensi Creative Commons.
  • Pemilik tulisan bisa memilih untuk menyertakan iklan melalui program AdSense dalam tulisannya.

Perihal Ivan Lanin
Wikipediawan, pencinta bahasa Indonesia, dan pendukung Creative Commons.

2 Responses to Knol, suatu unit pengetahuan

  1. madzz mengatakan:

    salam kenal……tukeran link yukkkkkkk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: