Xoopit: layanan katalogisasi lampiran Gmail

Kebetulan sewaktu mengecek plurk – yang sudah jarang sekali saya lakukan belakangan ini – saya membaca pranala dari kriwil yang merujuk ke Xoopit. Begitu selesai menginstal ekstensi Firefox untuk Xoopit dan mengakses Gmail setelahnya, saya langsung jatuh cinta pada pengalaman pertama.

Xoopit adalah suatu layanan katalogisasi lampiran berkas email yang didirikan oleh Bijan Marashi dan Jonathan Katzman pada sekitar pertengahan tahun 2007 dan meluncurkan versi beta privatnya pada 31 Maret 2008. Xoopit mempermudah mengakses foto, video, dan berkas lain yang dilampirkan pada semua email yang ada di Gmail. Ekstensi Firefox Xoopit akan memberikan bar gulir (slidebar) di bagian atas tampilan halaman Gmail. Bar tersebut menampilkan gambar-gambar yang dilampirkan pada semua email yang diterima atau dikirim. Berikut contoh tampilannya.

Ada tiga menu yang bisa digunakan di atas bar gulir, yaitu photos, videos, dan files. Dua menu pertama akan menampilkan katalog gambar kecil (thumbnail) foto atau gambar dan video dari email-email Anda. Sedangkan menu terakhir menampilkan daftar berkas selain foto dan video. Berikut cuplikan layar (screenshot) katalog foto atau gambar Xoopit.

Xoopit mengakses Gmail dengan menggunakan IMAP. Itu sebabnya pada waktu masuk log dalam Xoopit yang diminta adalah nama pengguna dan kata sandi pada Gmail, suatu hal yang mungkin membuat beberapa orang ragu untuk menggunakan layanan ini.

Xoopit juga memberikan fitur pencarian berkas. Sayangnya, saat ini fitur pencarian hanya bisa dilakukan terhadap nama pengirim dan tidak terhadap nama berkas.

Jika sudah banyak email yang ada pada akun Gmail Anda, perlu waktu beberapa lama untuk melakukan pengindeksan. Dua hari setelah mendaftar, akhirnya saya mendapat email dari Xoopit.

Xoopit’s Done!

Start using Xoopit!

We’ve got some good stuff for you. Take a look at what we found:

19295 photos, 141 videos, 1112 files, and more.

Padahal arsip Gmail saya cuma bertotal sekitar 3GB yang sebagian besar adalah dari Flickr dan Kampung Gajah. Gak kebayang berapa banyak dan berapa lama proses pengindeksan Gmail si mbah 🙂 Oh ya, karena Xoopit masih dalam tahap beta privat, pengguna baru diharuskan untuk memasukkan kode undangan (invite code) sewaktu mendaftar. Coba gunakan “getxoopit”, mudah-mudahan masih bisa. Jika tidak, cari orang yang sudah terdaftar untuk meminta undangannya.

Iklan

Perihal Ivan Lanin
Wikipediawan pencinta bahasa Indonesia

6 Responses to Xoopit: layanan katalogisasi lampiran Gmail

  1. Naif Al'as says:

    Sama om ivan, gue juga pake xoopit dari undangan kriwil.
    keren euy!

  2. huda says:

    Kalo untuk email client spt thunderbird gitu ada gak ya plugin yg sejenis? Walaupun di komputer lokal tapi kadang2 capek juga nyari2nya.

  3. huda says:

    kalo aku ikutan dari undangan om Ivan… *ikut2an manggil om.. LOL*

  4. rizki zamzami says:

    terima kasih tipsnya Om Ivan. Sudah terinstal dan xoopit bukan hanya mengindeks format jpg, tapi juga format PDF.

  5. Aris P says:

    Mantep nih plugin, thx invitation code nya. 🙂

  6. makasih tips nya bos
    codenya masih bisa, thanks yah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: