Swurl

Swurl adalah suatu layanan pengumpul umpan baru yang didirikan oleh duo Ryan dan Jonathan. Saat ini Swurl dapat menerima umpan dari 18 situs, yaitu Amazon, Blockbuster, Blogger, Del.icio.us, Digg, Facebook, Flickr, FriendFeed, Last.fm, Netflix, Pandora, Picasa Web Albums, StumbleUpon, Tumblr, Twitter, Typepad, WordPress, Yelp, dan YouTube. Ada tiga hal yang membuat Swurl berbeda dengan layanan pengumpul umpan web lain, yaitu tampilan kalender dan kemampuan melacak garis waktu umpan, kemampuan deteksi daftar teman dari sumber umpan, serta informasi unik untuk beberapa jenis umpan.

Garis waktu (timeline) pada Swurl menampilkan entri umpan dengan model kalender yang unik. Tidak seperti tampilan arsip flickr yang hanya menunjukkan satu entri untuk satu tanggal, Swurl menampilkan semua entri – baik itu tulisan blog, marka buku, foto, video, dll – pada tanggal tersebut dengan cara yang cukup enak dilihat. Swurl pun mampu melacak entri hingga jauh ke belakang, misalnya pada kasus saya, foto-foto di flickr yang diambil pada tahun 2005!

Swurl juga mampu untuk melacak siapa saja teman Anda pada suatu jaringan sosial yang menjadi umpannya. Daftar teman pada semua jaringan sosial tersebut ditampilkan dengan indikasi visual yang berbeda antara orang yang sudah ada di Swurl dan yang belum. Gambar di samping menunjukkan contoh daftar teman di Swurl dan di del.icio.us.

Setiap entri umpan dari layanan lain yang dikumpulkan oleh Swurl memiliki halaman detil sendiri. Menarik untuk melihat fitur-fitur khusus yang dimiliki beberapa jenis halaman. Contohnya adalah adanya catatan serta tag pada umpan dari del.icio.us serta adanya lirik lagu pada umpan dari last.fm.

Tiga hal tersebut (garis waktu, daftar teman, tampilan detil umpan) merupakan strategi yang cukup baik untuk menyasar ceruk layanan yang belum tersedia di layanan-layanan sejenis lain. Walaupun tentu saja masih ada hal-hal yang dapat diperbaiki untuk meningkatkan mutu situs ini dan memperbesar minat orang untuk menggunakannya. Berikut antara lain hal-hal yang dapat dikembangkan oleh Swurl

  • Tampilan situs yang kurang menarik dan kurang “berbau” Web 2.0.
  • Kurang banyaknya layanan yang didukung.
  • Tampilan komentar yang dimasukkan orang lain di sumber umpan (seperti komentar foto di flickr dan komentar blog di wordpress)
  • Tampilan daftar teman dalam bentuk matriks seperti yang ada di Connector MyBlogLog.

Sayangnya orang yang paling saya tunggu-tunggu kehadiran garis waktu fotonya di Swurl, sampai saat ini tampaknya belum mendaftar.

Pembaruan (20 Jul 2008): Akhirnya, garis waktu foto paling dinanti di Swurl hadir!

Perihal Ivan Lanin
Wikipediawan, pencinta bahasa Indonesia, dan pendukung Creative Commons.

One Response to Swurl

  1. Satya mengatakan:

    ups! udah sampai disebut jadi saya langsung bikin, maupun memang sejak diberitahu udah mau bikin hanya lupa aja hehe.. thanks for the recommendation. this one’s for you: http://satya.swurl.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: