Wikimedia Indonesia

Sejak akhir Juli 2007, wacana pendirian cabang lokal di Indonesia untuk Wikimedia Foundation Inc., yayasan yang menaungi Wikipedia dan beberapa proyek isi terbuka lain, telah mulai dibicarakan. Pertemuan demi pertemuan telah dilakukan untuk mendiskusikan dan merumuskan hal ini. Sayangnya, karena semua partisipannya adalah relawan, yang masing-masing memiliki kesibukan sendiri, perkembangan pembentukan organisasi ini terasa sangat lambat.

Akhirnya, pada 11 Juli 2008 – hampir satu tahun sejak ide pertama kali digagaskan – pertemuan untuk penandatanganan berita acara pendirian Wikimedia Indonesia berhasil dilaksanakan di Jakarta. Draf Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga pun telah dikirimkan ke notaris untuk diproses sesuai dengan ketentuan hukum Indonesia. Jika tak ada aral melintang, Wikimedia Indonesia akan diresmikan pendiriannya pada Oktober 2008.

Wikimedia Indonesia adalah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk mendorong pertumbuhan, pengembangan, dan penyebaran pengetahuan dalam bahasa Indonesia serta bahasa lain yang dipertuturkan di Indonesia, secara bebas. Badan hukum yang dipilih adalah Perkumpulan karena dianggap paling cocok dengan prinsip organisasi nirlaba yang digerakkan oleh komunitas atau anggota yang dianut oleh Wikimedia.

Secara nyata, kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan antara lain adalah:

  • Menyebarluaskan isi Wikipedia dan proyek-proyek isi terbuka lain dalam berbagai media kepada masyarakat luas.
  • Mendorong minat masyarakat untuk berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan kolektif dengan lokakarya, seminar, dll.

Keanggotaan dan kepengurusan Wikimedia Indonesia (WMI) bersifat kolektif dan sukarela, sama dengan semangat awal yang diusung oleh para kontributor Wikipedia bahasa Indonesiai (WBI). Mudah-mudahan segelintir orang biasa ini bisa menyumbang sedikit hal praktis untuk kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Iklan

Perihal Ivan Lanin
Wikipediawan pencinta bahasa Indonesia

3 Responses to Wikimedia Indonesia

  1. Catshade says:

    Usul! Wikipedia Indonesia dan Inggris dalam bentuk CD mungkin bisa dibagikan kepada sekolah-sekolah di pelosok daerah yang belum terjangkau akses internet. Saya rasa bagus tuh sebagai salah satu bentuk aksi sosialnya Wikimedia Indonesia 🙂

  2. feha says:

    selamat yah….
    ditunggu makan2nya :p

  3. Pras'68 says:

    Bahasa Jawa juga yaa, jangan sampai bahasa yang begitu (nan) indah punah sebelum kita sendiri punah. (Istilah kerennya: Bahasa-bahasa lain yang dipertuturkan di Indonesia) 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: