candu

Kurang lebih empat bulan lamanya saya mencoba menarik diri dari lingkungan jaringan sosial untuk bisa lebih berkonsentrasi dan menggunakan waktu dengan efektif. Seperti halnya kecanduan lainnya – seperti rokok, kopi, alkohol, seks – satu-satunya cara efektif untuk melepaskan diri dari ketergantungan terhadap candu adalah dengan sama sekali menghindari sumber ketergantungan tersebut.

Cukup berat juga ternyata untuk memaksa diri melakukan hal tersebu. Pada akhirnya tetap tidak bisa juga untuk menahan mengikuti perubahan terbaru (walaupun cukup sukses untuk tidak melakukan suntingan), melihat foto-foto kontak, serta membaca umpan berita dari rekan-rekan.

Tetap juga tidak bisa menahan diri untuk tidak mengikuti pembicaraan-pembicaraan yang tak terlalu penting di milis. Dan mungkin yang paling parah adalah tidak bisa berhenti bermain buku perang. Bahkan dengan penuh niat membuat aplikasi untuk mendukung permainan tersebut.

Apa boleh buat, tampaknya memang sudah nasib untuk terjerat dalam candu ini. Sama halnya dengan ketidakmampuan saya melepaskan diri dari rokok.

*sigh*

Perihal Ivan Lanin
Wikipediawan, pencinta bahasa Indonesia, dan pendukung Creative Commons.

16 Responses to candu

  1. Ollie mengatakan:

    Ivan… kemana saja…

  2. avianto mengatakan:

    Welcome back, sir.

    And no, sir. You can’t escape this augmented reality ;).

  3. aRuL mengatakan:

    sudah kecanduan blog juga ngak ? 😀

  4. Rani mengatakan:

    welcome back!

  5. maseko mengatakan:

    Nyandu banget ya Mas, pantesan di mana-mana ketemu 🙂

  6. andika mengatakan:

    hidup candu!!!
    makasih appnya 😀

  7. Abe Poetra mengatakan:

    Wakakaka.. ampun deh, sama!

    Eh, bos ivan, bagi duit donk… 30juta aja.
    Mau naek ke 60acres susah amir.. *kasih tatapan memelas*

  8. sarahtidaksendiri mengatakan:

    ya..ya….aQ pernah bc salah satu blog, katanya g ad pecandu yg bs sembuh dr ‘candunya’, yang ad hanya seorang pecandu g melakukan ‘candunya’..well, yg penting udah berusaha n punya inisiatif bwt tobat! hehe 😀

  9. ikram mengatakan:

    Saya juga belum bisa berhenti merokok Mas 😛

  10. regsa mengatakan:

    saya kira kalo kecanduan hal yang positip ndak masalah ?

  11. OrdinaryPeople mengatakan:

    candu ya…

    nikmat. Terbawa terus dalam pikiran. Blog…blog… tanpa harus jadi goblog. Malah menjaring banyak teman. ^^

  12. san mengatakan:

    Ya yang sabar aja, Van 😀

  13. serenity mengatakan:

    Kenapa seksnya dicoret?

  14. mystic88 mengatakan:

    elo mah van.. roko kurang dikit aja ampe rela nyari k pasar sederhana. gelo sugan.. pake acara seret2 gw ya..

    tau gak ini sape 😀

  15. Ping-balik: ** Abe Poetra ** » 300. Apa Aplikasi Facebook Favourite Anda?

  16. Prabu mengatakan:

    sssss,..ssssttt ada rahasia dibalik kegunaan candu.
    ivan email aku yaaaa
    tak kasih tahu atau kita sharing tentang candu
    dijamin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: