marka buku sosial

del.icio.usMarka buku (bookmark) sebagai suatu fitur pada penjelajah web modern terutama ditujukan untuk memudahkan pengumpulan dan katalogisasi alamat-alamat URL yang telah atau akan dikunjungi. Fitur ini telah mulai diterapkan pada Mosaic pada tahun 1993 dan selanjutnya dianggap sebagai suatu fitur dasar dalam suatu perangkat lunak penjelajah web.

Konsep marka buku sosial (social bookmarking) selanjutnya lahir pada sekitar tahun 1996 dengan diluncurkannya itlist.com yang mengizinkan daftar marka buku untuk diakses oleh publik karena disimpan tidak secara lokal pada suatu komputer melainkan di peladen (server) publik. Kini, layanan marka buku sosial telah berkembang dan disediakan oleh berbagai penyedia seperti del.icio.us, furl, diigo, ma.gnolia, stumbleupon, dll. yang memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Dari berbagai layanan tersebut, pilihan saya jatuh pada del.icio.us, walaupun mungkin alasannya hanya karena kebiasaan.

Sesuai dengan konsep layanan jaringan sosial lain, salah satu keunggulan utama dari marka buku sosial sebenarnya adalah pemanfaatan pengetahuan kolaboratif dari berbagai pengguna untuk memperkaya pengetahuan individu. Di del.icio.us, hal ini disediakan dengan fitur “network” dan “subscription“.

Network” adalah marka buku dari orang-orang lain yang telah dimasukkan dalam jaringan Anda. Untuk memasukkan seseorang ke dalam jaringan Anda, tentu saja sebelumnya Anda harus mengetahui nama alias yang digunakan orang tersebut, akses halaman marka bukunya dan klik pranala “add to your network” yang tersedia. Marka buku publik dari orang-orang yang berada dalam jaringan Anda selanjutnya akan bisa diakses melalui menu “your network” yang ada di tiap bagian atas halaman del.icio.us setelah Anda masuk log.

Subscription” adalah pendaftaran tag-tag yang menarik perhatian Anda. Menu ini diakses melalui “subscriptions” yang juga ada di bagian atas del.icio.us, di samping menu “your network“. Misalnya, jika Anda tertarik dengan fotografi, Anda dapat mendaftar pada tag “photography” dan selanjutnya Anda akan dapat melihat semua marka buku publik orang lain yang diberi tag tersebut melalui menu “subscriptions“, diurut sesuai waktu pemasukannya.

Saya sendiri merasa kedua fitur ini sangat berguna karena seolah-olah kita dibantu oleh banyak orang untuk mendapatkan situs-situs yang menarik. Ibaratnya seperti jika kita ingin tahu suatu tempat makan yang enak dan murah: bisa saja kita mencari sendiri informasinya, tapi jika ada orang lain yang memberikan saran atau rujukan, proses pencarian ini tentunya akan jauh lebih mudah, walaupun mungkin tidak selamanya saran orang lain tersebut berguna 🙂

Perihal Ivan Lanin
Wikipediawan, pencinta bahasa Indonesia, dan pendukung Creative Commons.

One Response to marka buku sosial

  1. scx mengatakan:

    Maaf komentar di kiriman 2007.

    Sebetulnya yang benar markah atau marka? Dalam Glosarium Kateglo ~ 🙂
    saya mendapati kata markah yang digunakan, demikian juga pada sidebar del.icio.us blog ini.

    Untuk layanan marka(h) buku sosial pilihan saya juga jatuh kepada del.icio.us. dengan alasan: memungkinkan pencarian menggunakan tag berantai, sehingga penjelajahan menjadi lebih terarah. Selain itu, del.icio.us ada add-ons untuk mozilla, sangat membantu jika sedang browsing dari komputer lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: