komentar foto

flickrSewaktu pertama kali memutuskan untuk menggunakan flickr sebagai tempat memuat foto-foto saya, sama sekali tak terbayangkan apa yang dimaksud dengan “berbagi foto” yang diusung flickr sebagai layanan utamanya. Adalah oknum MC, SW dan CM yang selanjutnya memperkenalkan saya pada bentuk lain jaringan sosial terhubung, yaitu komentar pada foto.

Foto sebagai suatu gambar diam yang dihasilkan oleh kamera yang merekam suatu objek atau kejadian atau keadaan pada suatu waktu tertentu merupakan suatu media yang efektif untuk menggambarkan sesuatu. Ujaran dalam bahasa Inggris yang berkata (kalau tidak salah) “a picture speaks a thousand words” memang tak bisa dibantah kebenarannya.

Fasilitas pengiriman email otomatis yang disediakan flickr setiap kali seorang kontak memuat foto atau gambar baru ke flickr serta menu “aktivitas terakhir” (recent activity) dan “komentar Anda” (comments you’ve made) membuat foto tidak lagi “diam”. Bagi sang pemuat atau pembuat foto, adanya komentar-komentar dari rekan lain membuat dirinya merasa karyanya dilihat oleh orang lain. Pun jika ia, seperti saya, bukanlah fotografer profesional 🙂

Ayo, mulailah berbagi foto!

Iklan

Perihal Ivan Lanin
Wikipediawan, pencinta bahasa Indonesia, dan pendukung Creative Commons.

2 Responses to komentar foto

  1. indah says:

    Flickr salah satu situs foto beken, situs indonesia spt http://www.fotografer.net juga bagus banget dan rame untuk sharing foto, foto yg lebih serius, saya lihat para fotografernya banyak make multiply.com untuk website pribadi…… lam kenal 🙂

  2. Ivan Lanin says:

    Terima kasih rujukannya. Bikin saya langsung daftar di fotografer.net 🙂 Btw, ada juga picasaweb yg juga cukup banyak penggunanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: