plaxo bakal membunuh facebook?

plaxologo.jpgSejak diluncurkannya Plaxo versi 3.0, saya selalu memanfaatkannya untuk sinkronisasi buku alamat yahooplaxooutlooknokia saya. Selama ini telah ada tab “pulse” yang berisi perubahan-perubahan status orang-orang yang berada di buku alamat saya dan juga terdaftar di Plaxo. Selain itu, kita bisa juga memasukkan alamat umpan web, misalnya umpan blog atau flickr, ke dalam “setting” yang selanjutnya akan otomatis dibaca dan ditampilkan oleh “pulse” ini. Yah, kurang lebih seperti fitur “mini-feed” di facebook lah.

Pagi ini saya agak terkejut melihat tampilan Plaxo yang agak berbeda dengan yang lain. Tab “pulse” berubah isinya dan ada suatu tab tambahan yang disebut “connection”. Selidik punya selidik, dari blog Plaxo saya temukan bahwa ternyata mereka memang telah mengembangkan fitur “pulse” ini. Gosip di blogosfer sih katanya “Plaxo berniat menumbangkan Facebook” 🙂

Setelah mengutak-atik dan bereksperimen dengan fitur baru ini, ternyata kelebihannya dibandingkan Facebook adalah bahwa kita bisa memilah dengan kelompok mana suatu umpan akan dibagi. Plaxo membagi kategori “connection” menjadi bisnis, teman, dan keluarga. Jika saya punya umpan dari blog saya, flickr, twitter, amazon wish list, dan jaiku, plaxo dapat mengagregasikan semua umpan tersebut (kok meniru kronologger ya? hehe) ke dalam “pulse”-nya dan saya dapat mengatur siapa yang dapat melihat suatu umpan. Misalnya saja umpan twitter kadang-kadang terlalu “pribadi” untuk dilihat oleh rekan bisnis kan? 🙂

Plaxo dengan fasilitas sinkronisasi buku alamat dan kemampuan mendeteksi serta mengisi otomatis informasi tambahan orang-orang yang alamat emailnya kita punya sebenarnya sudah sangat berguna. Apalagi dengan ditambah fasilitas “jaringan sosial” baru ini. Yang saya heran, ternyata baru sedikit blogger dan penggiat web yang kebetulan ada di buku alamat saya yang sudah terdaftar di plaxo, tidak seperti di situs-situs jaringan sosial lainnya. Pada kemana sih orang-orang? Ayo dong, daftar plaxo rasa baru. Dijamin enak dan gak rugi, lha wong gratis kok.

Penafian: Saya bukan karyawan atau agen pemasaran Plaxo 😛

Perihal Ivan Lanin
Wikipediawan, pencinta bahasa Indonesia, dan pendukung Creative Commons.

4 Responses to plaxo bakal membunuh facebook?

  1. Rani mengatakan:

    i love plaxo! tapi kayanya menumbangkan facebook? ga tau juga deh.. facebook menang di aplikasi2nya.. plaxo fokus ke minifeed dan manajemen kontak.

  2. tukang ketik mengatakan:

    facebook aja jarang pake, apalagi plaxo…
    haaa…. capedeee…

  3. uphy1981 mengatakan:

    apa lagi tuh??

  4. red mengatakan:

    plaxo ? baru tahu tapi kayaknya sulit akan mengalahkan facebook

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: