citizendium

Citizendium
Citizendium adalah suatu wiki ensiklopedia yang dipelopori oleh Larry Sanger, salah seorang yang turut serta dalam tahap awal proyek Wikipedia, pada sekitar akhir 2006. Citizendium merupakan suatu upaya untuk memperbaiki salah satu hal yang dianggap sebagai kelemahan utama Wikipedia, yaitu rendahnya akuntabilitas kontributor artikel. Citizendium melakukan penyaringan kontributor dengan ketat dan sama sekali tidak mengizinkan suntingan dilakukan oleh pengguna anonim. Setiap kontributor diharuskan untuk mengajukan permohonan, dilengkapi dengan curriculum vitae untuk menunjukkan kelayakan orang tersebut sebagai kontributor.

Wikipedia Signpost memberikan suatu analisis mengenai perkembangan Citizendium setelah delapan bulan peluncurannya. Rangkumannya kurang lebih sebagai berikut:

  • Statistik: total 2400 artikel, 12 artikel baru/hari, 200 suntingan/hari, 2 kontributor baru/hari
  • Lisensi artikel masih belum dipilih antara GFDL dan Lisensi Creative Commons
  • Artikel-artikel yang merupakan percabangan (fork) dari artikel Wikipedia ada yang berkembang lebih baik dan ada pula yang tetap sama dengan artikel aslinya.

Sebagai media yang ditulis oleh Wikipediawan, tulisan ini tidak bisa terhindar dari “nada” merendahkan Citizendium. Menurut pendapat saya, sebenarnya bagi para pencari informasi, semakin banyak sumber informasi semakin baik. Citizendium mungkin lebih unggul dari tingkat kredibilitas informasinya karena kontributornya dipilih melalui suatu seleksi, tapi memang jelas tak mungkin mengharapkan kuantitasnya setara dengan Wikipedia karena jumlah kontributornya pun jauh lebih sedikit.

Dalam suatu proses kolaborasi apapun, memang semakin banyak partisipan, semakin banyak ide dan hasil karya yang bisa dihasilkan dari banyak otak tersebut. Ada pepatah bahasa Inggris yang berujar “the more, the merrier“. Potensi chaos yang membesar dengan adanya semakin banyak ide sebaiknya jangan dihindari dengan mengecilkan jumlah partisipan. Sebaliknya, risiko itu harus dikelola, seperti prinsip manajemen risiko 😉

Iklan

Perihal Ivan Lanin
Wikipediawan, pencinta bahasa Indonesia, dan pendukung Creative Commons.

3 Responses to citizendium

  1. Ivan Lanin says:

    Thx, cuma menyarikan aja kok 🙂 Kebetulan baca dan gatel mau komentar.

  2. Goslink says:

    wah akhirnya masuk ke dunia blog juga mas 😉
    Selamat berkarya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: