melacak komentar

Tulisan-tulisan di blog yang dijumpai sewaktu menjelajah web atau muncul di pembaca umpan sering menggelitik untuk dikomentari. Memberi komentar sih mudah, seperti halnya memberi komentar pertandingan sepakbola 🙂 Yang sulit dilakukan kemudian adalah bagaimana caranya agar kita bisa tahu bagaimana “kelanjutan” komentar kita, apa tanggapan orang lain, dll, apalagi jika kita termasuk yang hobi komentar dan menabur “benih” di banyak tempat.

co.commentsKebetulan saya sempat membaca tulisan mengenai beberapa layanan web yang disediakan untuk membantu melakukan hal ini untuk kita. Ada tiga layanan yang sudah saya coba: co.mments, cocomments, dan commentful. Di antara ketiganya co.comments lah yang menurut saya paling cocok untuk saya.

Kelebihan utamanya adalah karena bookmarkletnya tidak menyebabkan kita harus berpindah dari halaman yang sedang kita baca. Setiap halaman yang kita pantau akan masuk ke dalam daftar pantauan kita dan co.comments akan melakukan tugas pelacakan jika ada tambahan komentar pada halaman yang kita pantau tersebut. Perubahan-perubahan tersebut dapat dilihat melalui daftar pantauan di situs mereka, dibaca melalui umpan RSS, atau pun dikirimkan melalui pemberitahuan email.

Dua layanan yang lain pun sebenarnya tak kalah baik dan pemilihannya hanya tergantung preferensi individu untuk menilainya. Apa pun yang dipilih, yang penting kita bisa tetap melacak komentar yang pernah kita berikan untuk tahu pendapat orang lain. Sudahkan Anda melacak komentar Anda?

Perihal Ivan Lanin
Wikipediawan, pencinta bahasa Indonesia, dan pendukung Creative Commons.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: