penyerapan prefiks

Kadang saya bingung melihat penyerapan prefiks atau awalan dari bahasa asing ke bahasa Indonesia: tidak konsisten. Kadang ada yang mengikuti format DM seperti lazimnya format bahasa Indonesia, tapi ada pula yang tetap mempertahankan format MD. Contoh yang paling umum misalnya “microeconomy“, ada yang menerjemahkan menjadi “mikroekonomi” dan ada pula yang menjadi “ekonomi mikro“. Contoh lain misalnya “teknologi nano” dan “nanoteknologi”, “mikroprosesor” dan “prosesor mikro”. Duh.

Di milis bahtera hal ini juga pernah dibahas. Tampaknya kedua cara penerjemahan ini sah-sah saja. Yang paling penting, meminjam istilah Bu Sofia, taat asas atau konsisten. Tapi masalahnya, konsistensi pun tampaknya sulit diharapkan dari media massa dan bahkan otoritas penerbitan pemerintah. Menurut saya sih, untuk kemudahan penyerapan dan kemiripan dengan asal serapan (bahasa Inggris), mungkin lebih baik kita taat asas ke format MD disambung. Jadi: mikroekonomi, nanoteknologi, dan mikroprosesor. Bisa tidak kita “taat asas”?

Iklan

Perihal Ivan Lanin
Wikipediawan pencinta bahasa Indonesia

2 Responses to penyerapan prefiks

  1. serenity says:

    Kan mo ada UU Bahasa Lan…(in)

  2. Definisi penyerapan kan hanya penyesuaian ejaan/pengucapan saja, jadi unsur lain kata asingnya (arti, struktur, dll) tetap. Tidak ada penerjemahan di sini.

    Kalau sudah penerjemahan istilah, baru MD -> DM.

    Praktik yang lebih aneh itu yang sama-sama menyerap, tapi aturannya beda. Injek dan injeksi tapi kok proyek dan proyeksi. Komunitas, kualitas, kapasitas, tapi kok selebriti, komoditi, entiti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: