dolanan

Dolanan adalah lembaga pendidikan prasekolah yang berlokasi di Dharmawangsa, Jakarta Selatan. Dolanan (dari bahasa Jawa yang berarti “main”) didirikan pada Februari 2007 dan membuka kelas untuk anak usia 2 hingga 4 tahun. Sampai saat ini mereka telah memiliki anak murid kurang lebih 20 orang.

Kompleks sekolahnya bagus dan nyaman. Ruang kelasnya terbuat dari kayu dan berpendingin ruangan. Tempat bermainnya luas dengan kekhasan antara lain tempat serupa jalan raya, rumah pohon, kolam renang, dan… tiga ekor rusa!

Kelas-kelasnya diberi nama menurut nama-nama hewan seperti tupai, kuskus, kelinci, landak, marmut, dan tapir. Setiap kelas terdiri dari kurang lebih 12 murid dengan rasio guru murid 1:6. Waktu sekolah adalah dua jam setiap hari dari Senin sampai Jumat dengan bahasa pengantar Inggris dan Indonesia serta pembagian waktu setengah dalam ruang dan setengah luar ruang. Aktivitas lain antara lain berenang (seminggu sekali), memasak, piknik, dan jalan-jalan ke luar.

Biayanya cukup mahal, yaitu kurang lebih 2,75 juta per bulan. Sayangnya, perbandingan biaya dan fasilitas yang diberikan, menurut saya, kalah dibandingkan dengan prasekolah lain. Mungkin karena pangsa pasar mereka tampaknya adalah kalangan ekspatriat.

Iklan

Perihal Ivan Lanin
Wikipediawan, pencinta bahasa Indonesia, dan pendukung Creative Commons.

3 Responses to dolanan

  1. Sirait says:

    Mahal nya. Dulu kuliah cuman 1 juta rupiah setahun. 🙂

  2. Ivan Lanin says:

    Iya 🙂 Saya malah cuma 500 ribu. Tabungan pendidikan sekarang memang mau gak mau harus punya kayaknya.

  3. Nova says:

    waktu pertama kali launching, aku apreciate banget..Apalagi, kalo ngeliat iklannya di majalah kaya nya seru banget kalo anakku bisa sekolah disana..syaraf motorik dan syaraf halusnya bisa diasah sekaligus..Tapi, kok mahal ya???hikshiks…
    Ada alternatif pengurangan biaya gak??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: