mengurus paspor

Hari ini saya mengurus perpanjangan paspor Indonesia saya dan Arka di kantor imigrasi Jakarta Selatan. Kemarinnya, saya sudah mengirimkan kelengkapannya ke salah satu pegawai di kantor imigrasi yang kebetulan saya kenal dan sudah jadi langganan untuk membantu pengurusan paspor.

Sampai di sana jam 9 pagi, seluruh dokumen sudah diurus oleh “beliau” dan saya tinggal antri untuk difoto. Ternyata lama juga menunggunya dan baru dipanggil jam 10:30. Katanya sih, harusnya datang begitu kantor dibuka biar belum terlalu ramai yang mengantri.

Arka hebat lho, tidak rewel disuruh foto dan sambil senyum pula! Sambil difoto, sidik jari juga dimasukkan. Secara digital! Tapi alatnya kurang sensitif dan harus menggunakan lotion agar mudah penangkapan citranya. Masing-masing jari harus beberapa kali dipindai 😦

Setelah foto, wawancara. Umm, di ruangan ini tampaknya pengelolaannya agak serabutan. Tidak jelas langkah-langkah apa yang harus dilakukan. Akhirnya saya lihat dan ikuti saja yang dilakukan orang lain.

Keseluruhan waktu efektif sekitar setengah jam dan biaya pengurusan untuk masing-masing orang 550 ribu rupiah. Tidak terlalu repot ternyata 🙂

Perihal Ivan Lanin
Wikipediawan, pencinta bahasa Indonesia, dan pendukung Creative Commons.

Tinggalkan Balasan

