merancang denah rumah

Proyek pembuatan rumah sudah dimulai. Arsitek dan desainer interiornya siapa lagi kalau bukan Mas Benno dan Tribut. Ternyata tidak mudah ya, bahkan dari fase awal pembuatan denah saja sudah cukup banyak pertimbangan yang harus diperhatikan, terutama yang menyangkut biaya 🙂

Arsitek pertama harus mengerti dulu selera sang pemilik. Caranya adalah dengan menunjukkan beberapa gambar rumah yang telah jadi dari buku-buku atau majalah dan menanyakan reaksi pemiliki. Dari sana lah arsitek akan menarik kesimpulan.

Selanjutnya sang pemilik akan menentukan gambaran kasar ruangan-ruangan yang dibutuhkannya. Arsitek akan membantu dengan memberikan rujukan dan pertimbangan. Ternyata, tampak atap juga menjadi salah satu pertimbangan lho. Dalam menentukan denah, pembagian zone ruangan juga harus jelas.

Dalam kasus saya, akhirnya diputuskan bahwa bentuk rumah adalah memanjang satu lapis dan pembagian zone dimulai dari zone publik di barat, semi publik, dan akhirnya zone pribadi di timur. Oh ya, rumahnya sendiri menghadap ke selatan. Harga dihitung per meter persegi dengan kisaran sekitar 2 sampai 3 jt per meternya.

Iklan

Perihal Ivan Lanin
Wikipediawan, pencinta bahasa Indonesia, dan pendukung Creative Commons.

2 Responses to merancang denah rumah

  1. abong says:

    hallo …….teman sya mau membangun rumah tinggal dengan ukuran 8 x 16 dengan desain atap ber limas tolong gimana cara mengaturnya

  2. achmade says:

    luas tanah 170m, gambar denah rumah ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: