menggunakan flickr

Flickr Setelah tiga hari mencoba menggunakan flickr sebagai tempat pemuatan foto-foto, kesimpulan saya adalah: luar biasa! Hebat sekali fasilitas yang tersedia di flickr, dan rasanya sulit bagi picasa untuk dapat menyainginya.

Tulisan berikut mencoba untuk menjabarkan sedikit cara penggunaan beberapa bagian dari flickr untuk dapat memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang tersedia dengan lebih optimal. Menu flickr bagi pengguna masuk log sangat sederhana dan terdiri dari 5 menu utama: you, organize, contacts, groups, dan explore.

You atau Anda adalah menu untuk melihat karya-karya Anda atau hal lain yang berkaitan dengan Anda atau akun Anda. Menu untuk mengakses foto ini terdiri dari collection (koleksi), set, tag, map (peta), archives (arsip), favorites (favorit), dan popular (populer).

Organize atau Kelola adalah menu untuk mengatur atau mengelola karya-karya Anda. Flickr membuat halaman ini dengan sangat serius dengan benar-benar memanfaatkan fitur javascript yang canggih seperti drag-drop dll.

Contacts atau Kontak merupakan menu untuk kolaborasi yang juga merupakan kelebihan flickr. Di halaman utama menu ini akan ditampilkan foto-foto terbaru dari pengguna lain yang telah didaftarkan sebagai kontak.

Groups atau Grup merupakan menu kolaborasi yang lebih luas dari tingkat individu pada menu Kontak. Grup biasanya merupakan kelompok pengguna-pengguna dengan minat yang sama.

Expore atau Jelajah merupakan menu yang digunakan untuk melihat karya-karya lain dari berbagai pengguna flickr. Flickr “menciptakan” suatu istilah: interestingness atau kemenarikan, yaitu karya-karya terbaik dari para pengguna flickr yang dinilai berdasarkan berbagai faktor, antara lain jumlah penayangan, jumlah komentar, jumlah orang yang menandai foto tersebut sebagai favorit, tag yang dimiliki, dll.

Iklan

Perihal Ivan Lanin
Wikipediawan, pencinta bahasa Indonesia, dan pendukung Creative Commons.

11 Responses to menggunakan flickr

  1. Ivan Lanin says:

    Hahaha, foto-foto gw jauh banget kualitasnya di bawah lo, Ran. Gak malu punya kontak gw? 🙂 Aniwei, thx for visiting.

  2. Rani says:

    sumpah itu bukan gue yg moto.. tapi suami gue!

  3. Ping-balik: komentar foto « nan tak (kalah) penting

  4. zoel says:

    app ya…….

  5. Pulau Tidung says:

    infonya terimakasih sahabat

  6. Joecgp says:

    bagaimana cara mengetahui pencarian terbanyak atau yang paling banyak di minati oleh para pengguna filckr? lagi semangat nech nyari bacling dari flickr..

  7. raffi says:

    terima kasih gan info nya, saya pemula baru memakai filckr

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: