Tampilan baru Wikipedia

Mulai tanggal 13 Mei 2010 pukul 8.00 UTC, Wikimedia menerapkan tampilan dan nuansa (look and feel) baru pada antarmuka Wikipedia bahasa Inggris. Perubahan ini selanjutnya juga akan diterapkan secara bertahap pada berbagai bahasa Wikipedia serta proyek Wikimedia lain seperti Wiktionary, Wikibooks, Wikiquote, dan Wikisource. Bersamaan dengan itu, Wikipedia pun mengganti logonya menjadi logo baru yang berdesain 3 dimensi yang telah memperbaiki beberapa kesalahan tipografi yang ditemukan pada logo sebelumnya.

Perubahan ini merupakan hasil dari Wikipedia Usability Initiative (Prakarsa Kebergunaan Wikipedia) yang telah berjalan sekitar satu tahun dan telah diterapkan sebelumnya di Wikinews dan Wikimedia Commons. Tujuan utama dari prakarsa ini adalah untuk mempermudah penggunaan Wikipedia dan mengurangi hambatan untuk berkontribusi. Beberapa perubahan yang diterapkan antara lain adalah adalah sebagai berikut.

  1. Navigasi yang lebih jelas; antara lain dengan mengatur ulang tab di bagian atas halaman sehingga memperjelas perbedaan fungsi masing-masing halaman: membaca, menyunting, dll.
  2. Bilah alat penyuntingan yang lebih mudah digunakan; antara lain dengan mengatur ulang tombol-tombolnya sehingga lebih sederhana dan intuitif untuk dipakai.
  3. Wisaya (wizard) pembuatan tautan dan tabel; penambahan pranala (tautan) internal atau eksternal serta tabel kini dapat dilakukan melalui dialog.

Seperti halnya semua perubahan lain, perubahan pada tampilan Wikipedia ini memang sedikit menyulitkan dan membuat banyak pengguna lama Wikipedia menggerundel; termasuk saya. Demi tujuan jangka panjang untuk meningkatkan kebergunaan Wikipedia, semua perubahan ini harus dipandang secara positif dan dicoba untuk diterima.

Tangkapan layar Wikipedia bahasa Inggris, 13 Mei 2010

Tangkapan layar Wikipedia bahasa Inggris, 13 Mei 2010

Kalau Wikipedia saja bisa mengubah desainnya secara cukup drastis, mengapa saya tidak? Blog nan tak (kalah) penting (NTKP) ini mulai saya isi sejak Juni 2007. Sejak awal, saya belum pernah mengganti tema baku WordPress, Kubrick, meskipun lambat laun bosan juga melihat desainnya yang terlalu “datar”. Walaupun sebenarnya tidak bermaksud ikut-ikutan dengan perubahan desain Wikipedia, per hari ini, 14 Mei 2010 (hampir 3 tahun sejak Juni 2007!), tema NTKP diubah menjadi Cutline; diiringi niat semoga kelak bisa cukup mengganti gambar di bagian atas untuk memperoleh tampilan dan nuansa yang lebih segar.

Amin.

Pemutakhiran #1: Ternyata pada tanggal 13 Mei 2010 WordPress.com menyediakan satu pilihan tema baru yang lebih saya sukai daripada Cutline: Enterprise.

About these ads

Perihal Ivan Lanin
Wikipediawan, pencinta bahasa Indonesia, dan pendukung Creative Commons.

6 Responses to Tampilan baru Wikipedia

  1. rusabawean mengatakan:

    wahh
    gak sabar nunggu tampilan barunya wikipedia

    ya neh blog ini
    lebih keren gini dari pada sebelumnya, kubrick

  2. indaystar mengatakan:

    ehehehehe… blog aku juga dari pertama bikin belom ganti2 template (eh pernah kayaknya sekali, tahun 2006).

    ikutan ganti ah, bulan ini juga.. biar bareng wiki dan ivanlanin :P

  3. Wahyu Budi Utomo mengatakan:

    Semoga tambah cantik penampilan luar dan dalamnya…

  4. Ping-balik: Teknologi informasi « nan tak (kalah) penting

  5. Ping-balik: rock band online game

  6. Ping-balik: gift set kiddy

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: