formspring.me

formspring Saya agak terlambat mencoba layanan baru FormSpring.me karena pada akhir bulan Desember kemarin disibukkan dengan tugas kuliah dan kantor yang membludak menjelang liburan (ahlesyan!). Meskipun Mas Koen dan Pitra sudah menulis tentang layanan ini, saya masih tergoda untuk memberi sedikit ulasan tentang situs web yang unik ini.

FormSpring.me (selanjutnya disebut FSM) adalah suatu layanan yang memungkinkan orang mengajukan pertanyaan kepada pengguna FSM melalui suatu kotak entri sederhana yang tersedia di profil pengguna FSM tersebut.

Pertanyaan yang masuk akan dikirimkan dalam bentuk notifikasi surel ke pengguna yang ditanya. Pengguna tersebut selanjutnya dapat menjawab atau menghapus pertanyaan tersebut melalui menu Inbox di FSM. Sebaliknya, jika kita mengajukan pertanyaan ke orang lain, suatu surel notifikasi pun akan dilayangkan untuk memberitahukan bahwa pertanyaan tersebut telah dijawab.

Yang membuat saya penasaran sebenarnya adalah mengapa peluncuran layanan yang cukup menarik ini tampaknya tidak disertai dengan kampanye publikasi yang heboh? Kapan tepatnya layanan ini diluncurkan? Dari penelusuran rekaman, hanya didapatkan informasi bahwa domainnya didaftarkan tanggal 12 November 2009 dan video YouTube tutorialnya bertanggal 24 November 2009. Blog perusahaan pembuatnya, Form Spring, tidak memberikan informasi apapun tentang peluncuran layanan ini.

Belum beranikah mereka mengumumkan layanan ini?

About these ads

Perihal Ivan Lanin
Wikipediawan, pencinta bahasa Indonesia, dan pendukung Creative Commons.

3 Responses to formspring.me

  1. johnny64 mengatakan:

    yup formspring.me merupakan service yg bagus.seharusnya emang bisa lebih di publikasikan.tapi ya ntar jg banyak orang yg akan tau dgn sendirinya jika banyak yg makai. :-)

    formspring.me
    my_blog

    • Ivan Lanin mengatakan:

      Setuju. Layanan yang bagus memang harusnya akan dengan sendirinya menarik orang untuk menggunakannya. Tapi tetap sayang juga kalau publikasinya minim sekali.

  2. Sophia mengatakan:

    Biasanya memang pelayanan yg bagus gak lebay untuk gembar gembor,saya setuju juga dangan teman2 bahwa nanti orang2 akan tahu dengan sendirinya,seperti waktu saya menggunakan Facebook,waktu itu belum banyak orang didunia menggunakannya di Indonesia contohnya,saya sempet kaget juga waktu tahun 2008/2009 orang2 di Indonesia baru pada heboh sampe2 ada lagunya segala.
    Waktu saya jalan2 ke Brazil,di Brazil situs ini sangat sangat terkenal dan banyak penggunanya,di US juga sudah mulai menanjak penggunanya contohnya para celebrity2 hollywood karna mereka bisa menggunakan situs Formsring.me sebagai ajang pers conference.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: