Transliteration, Browser Size, dan Fast Flip

GoogleBlog Situs blog resmi Google berturut-turut memuat tulisan tentang tiga layanan yang berbeda dari Google Labs: TransliterationBrowser Size, dan Fast Flip. Dari ketiga produk ini, baru Transliteration yang pernah saya pakai sedangkan yang lainnya baru kali ini saya ketahui. Apa saja sebenarnya layanan-layanan tersebut?

Google Transliteration

Google Transliteration adalah suatu alat untuk membantu mengetikkan aksara selain Latin dengan papan tik beraksara Latin. Proses ini dikenal juga dengan istilah transliterasi atau alih aksara.

Ada 17 bahasa atau aksara yang saat ini didukung oleh layanan ini, yaitu Arab,  Bengali,  Gujarati,  Hindi (Devanagri),  Kannada, Malayalam,  Marathi,  Nepali,  Persia,  Punjabi,  Rusia,  Sanskerta, Serbia (Sirilik),  Tamil,  Telugu,  Urdu,  dan Yunani.

Mudah-mudahan aksara Jawa (Hanacaraka) atau aksara lain dari Nusantara pun nanti bisa masuk ke dalam layanan ini.

Google Browser Size

Google Browser Size adalah suatu layanan yang menunjukkan secara visual persentase orang yang dapat melihat elemen atau bagian tertentu suatu laman situs. Layanan ini diluncurkan pada 16 Desember 2009 dan data persentasenya diperoleh dari data pengunjung Google.

Dalam contoh di atas terlihat bahwa tombol “donate now” masuk dalam wilayah kontur “70%” yang artinya hanya 70% pengunjung yang dapat melihat tombol tersebut sedangkan 30% sisanya tidak. Browser Size dapat digunakan untuk mengecek suatu laman tertentu dengan memasukkan URL-nya di kotak yang tersedia. Informasi yang diperoleh akan berguna bagi para perancang suatu situs web untuk membuat situs mereka menjadi lebih baik.

Satu kelemahan yang langsung saya rasakan dari alat ini adalah bahwa ia tidak bisa memberikan informasi yang tepat untuk desain web di tengah seperti yang diterapkan Kateglo.

Google Fast Flip

Google Fast Flip adalah suatu layanan yang menyajikan berita dari berbagai sumber dalam satu tempat dengan format unik yang cepat dan sederhana seperti membaca majalah. Layanan ini diluncurkan sekitar tiga bulan yang lalu, yaitu pada 14 Sep 2009, dan memuat informasi dari sekitar lima puluh penerbit pilihan Google.

Semoga nantinya layanan ini bisa juga digunakan tidak hanya untuk penerbit pilihan Google, melainkan juga situs-situs web yang dimasukkan URL-nya secara manual oleh penggunanya.

About these ads

Perihal Ivan Lanin
Wikipediawan, pencinta bahasa Indonesia, dan pendukung Creative Commons.

One Response to Transliteration, Browser Size, dan Fast Flip

  1. Muda Bentara mengatakan:

    Penjelasannya mantap bang :), siap meluncur .

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: