Milis keluarga

Banci milis. Entah dari mana asal istilah tersebut, tapi itulah julukan yang saya dengar diberikan bagi orang yang gemar mengikuti berbagai milis. Termasuk saya. Beragam milis saya ikuti dengan kadar keaktifan yang berbeda. Keikutsertaan di berbagai milis ini saya rasa sangat bagus untuk tetap mendapat berbagai informasi tanpa perlu merambani internet.

Di antara dua penyedia sistem milis terbesar, Google dan Yahoo, sampai sekarang saya masih memilih Google Groups, meskipun tak dipungkiri bahwa Yahoo Groups memiliki beberapa keunggulan. Akun surel Gmail dengan model pesan berutas (threaded message) dan fitur filter otomatisnya (untuk secara otomatis melabeli suatu pesan) sangat cocok untuk kesukaan saya berlangganan berbagai milis ini.

Di antara berbagai milis tersebut, milis keluarga adalah jenis milis yang termasuk paling saya senangi. Di tengah kesibukan yang makin meningkat dan kemalasan menerobos kemacetan Jakarta, milis keluarga membuat kita masih dapat menjalin komunikasi dengan anggota keluarga yang lain, walaupun tentunya tetap tak akan bisa mengganti kualitas komunikasi dan tatap muka langsung. Adanya peranti genggam BlackBerry pun membuat anggota keluarga yang sudah agak sepuh pun bisa terlibat di milis karena mengirim surel sekarang sudah tak ada bedanya dengan menulis SMS.

Jenis pembicaraan dalam milis keluarga cukup beragam, dari mulai pemberitahuan berita keluarga yang penting, hingga cuma sekadar bercanda atau saling meledek, seperti halnya yang sering dilakukan sewaktu berkumpul biasa. Ada suatu perasaan hangat yang muncul setiap menerima surel dari milis keluarga semacam ini. Berbagi cerita antar anggota keluarga memang dapat menerbitkan rasa nyaman terutama dengan tiadanya (paling tidak berkurangnya) tuntutan untuk jaim :)

Sudahkah Anda punya milis keluarga?

Perihal Ivan Lanin
Wikipediawan, pencinta bahasa Indonesia, dan pendukung Creative Commons.

2 Responses to Milis keluarga

  1. Red mengatakan:

    milis keluarga saya berkembang menjadi milis umum sob -LOL- sekarang anggotanya sudah 1600 orang ^_^

    salam kenal dari http://www.rahasiaotak.com

Berikan Balasan

