kamus dan glosarium bahasa Indonesia

Agak terlambat saya mengetahuinya, tapi rupanya sekitar awal Februari 2008, Pusat Bahasa telah menyediakan Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring (dalam jaringan) di situs mereka yang basis datanya diambil dari KBBI edisi III. Layanan glosarium yang telah ada sebelumnya pun telah diperbaharui tampilannya dan (tampaknya) diperbanyak koleksinya dari sekitar 40 ribu frasa menjadi 180 ribu frasa istilah dari berbagai bidang ilmu.

Langsung terasa sekali manfaatnya. Biasanya saya hanya dapat mengandalkan glosarium untuk mengecek terjemahan suatu frasa dalam bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia. Kadang dirasakan bahwa terjemahan tersebut janggal atau belum pernah didengar. KBBI berperan sekali dalam hal ini untuk pengecekan silang untuk frasa-frasa yang diragukan tersebut.

Contoh terkini adalah sewaktu menulis mengenai Crustacea. Duh, apa ya terjemahan “barnacle” dalam bahasa Indonesia? Mudahnya sih memang tanya ke Kembangraps :-) Tapi tenyata pencarian melalui glosarium menghasilkan “teritip”. Huh? Teritip? Apaan tuh?

KBBI pun berkata:

te·ri·tip n siput kecil yg suka melekat pd dasar perahu

Fiuh, akhirnya, penantian telah usai.

About these ads

Perihal Ivan Lanin
Wikipediawan, pencinta bahasa Indonesia, dan pendukung Creative Commons.

7 Responses to kamus dan glosarium bahasa Indonesia

  1. san mengatakan:

    Van, kenapa tulisan ini tidak dihubungkan dengan usaha penyusunan glosarium di http://i15n.org?

  2. serenity mengatakan:

    sandalwood ngga ada… masih ampuhan nanya langsung sama mbangkraps. Eh Van, postingan bawah geek banget deh, mumpung elo masih dalam geek mode on, eke mo beli Ubud, laptopnya Zyrex, kira-kira bagus ngga yah? Soalnya kata adek gue pake processornya VIA atau apa gitu, walaupun memorynya 1GB itu rasanya kayak kuat lari tapi pake sendal jepit. Terus Zyrex juga mo ngeluarin versi OLPC namanya…lupa… harganya USD 332 kalo dengan rate sekarang, masih lebih murah dari OLPC yang USD 400

  3. Landy mengatakan:

    Iya aku pernah baca berita itu tapi lom pernah coba he..he..he,,

  4. Ping-balik: Kamus dan glosarium bahasa indonesia - Ibrahim’s Blog

  5. Fikar mengatakan:

    saya malah baru tahu

  6. nikenike mengatakan:

    hehe
    saya termasuk yg menggunakan fasilitas KBBI ini
    lumayan membantu lho

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: